Rutin Laksanakan Komsos, Cara TNI Untuk Selalu Dekat Dengan Rakyatnya

0
38
Sertu Saswito saat lakukan silahturahmi di rumah KH. Kasmundi (ket: kaos putih), salah satu tokoh masyarakat di wilayah binaannya. (Foto dok. Pendim 0716)

Demak, INAPOS.COM – Walaupun di tengah pandemi yang sedang berlangsung, komunikasi sosial (komsos) terus dilaksanakan oleh Babinsa jajaran Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak. Hal ini untuk memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara TNI-AD dengan segenap komponen masyarakat di wilayah desa binaan untuk kepentingan pertahanan negara, mengatasi kesulitan rakyat dan mendukung tercapainya tugas pokok TNI-AD.

Seperti yang dilakukan Sertu Saswito, Babinsa Desa Jamus Koramil 12/Mranggen yang melaksanakan komsos dengan salah satu tokoh masyarakat setempat, KH. Kasmundi di kediamannya yang terletak di RT 19/01 Dukuh Krajan, Desa Jamus, Kecamatan Mranggen, Kab. Demak, Jawa Tengah, Senin (26/07/2021).

Saat ditemui disela-sela komsonya, Sertu Saswito menyampaikan bahwa silaturahmi dengan seluruh lapisan masyarakat di wilayah desa binaan akan terus dilakukan guna mendukung tugas dan tanggung dirinya selaku Babinsa.

Di tengah adanya pandemi, silaturahmi dilakukan dengan tetep mengedapankan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, memakai masker, tidak bersalaman dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan komsos.

“Komsos tetap kita laksanakan, akan tetapi tetap mengedepankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sertu Saswito menjelaskan, komsos kali ini membahas tentang kebersihan lingkungan di sekitar Dukuh Krajan. Selain itu juga membahas tentang keamanan wilayah sekitar.

Tak lupa, dirinya mengajak tokoh masyarakat untuk berperan aktif membantu dalam sosialisasi edukasi, baik tentang protokol kesehatan maupun vaksinasi. Mengingat, omongan tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayah, akan lebih didengarkan dan diikuti oleh warga binaan.

Sementara KH. Kasmundi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Babinsa Sertu Saswito yang rutin menyambangi kediamannya. Ini merupakan bentuk kedekatan TNI dengan rakyat di wilayah.

Dirinya tahu, tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa sangat berat, sehingga dirinya selaku tokoh masyarakat, tokoh agama Desa Jamus, akan berusaha membantu Babinsa dalam memberikan informasi terkait keadaan, situasi dan kondisi wilayah. Selain itu, juga dalam membantu memberikan sosialisasi edukasi kepada warga masyarakat, baik terkait protkes maupun vaksinasi.

“Terus terang, saya dengan pak Babinsa, pak Saswito sudah sangat dekat. Insyaallah apa yang beliau sampaikan, kami selaku tokoh masyarakat akan tulus ikhlas membantu,” tuturnya. (er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here