Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Moskow, Inapos.com – Dikutip dari Reuters, Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jum’at (30/9/2022) waktu setempat menandatangani dokumen untuk memasukkan empat wilayah Ukraina ke dalam Rusia dalam upacara yang disiarkan televisi di Kremlin.

Rusia mendeklarasikan mengambil alih wilayah Ukaina yaitu Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson, hal itu terjadi setelah mengadakan apa yang disebutnya referendum di wilayah pendudukan Ukraina.

Para petugas yang ditempatkan pemerintah Rusia mengambil kotak suara dari rumah ke rumah dalam pemungutan suara.

Presiden Vladimir Putin menyampaikan dalam siaran television di Kremlin bahwa setiap upaya Ukraina untuk merebut kembali keempat wilayah itu sebagai serangan terhadap Rusia.

Dalam pemilihan suara tersebut, mayoritas suara di wilayah yang disebut republik rakyat Donetsk dan Luhansk hanya sedikit di bawah 98 persen, dengan 14 persen dan 13 persen dari total suara yang telah dihitung di masing-masing wilayah tersebut.

Sementara pemerintah barat dan Kyiv mengatakan pemungutan suara itu melanggar hukum internasional dan bersifat memaksa dan tidak representatif. (er)