Rp 15 Miliyar Aset Kota Cirebon TA 2015, Hilang

0
591

KOTA CIREBON, Aset, suatu barang milik Kota Cirebon senilai Rp. 15.033.615.173.00 dinyatakan hilang oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Berdasarkan buku Laporan Hasil Pemeriksaan Tahun Anggaran 2016 ( LHP TA 2016 ) BPK RI bahwa aset belum ditemukan/hilang sebesar Rp 15 M tersebut belum terverifikasi atau divalidasi.

Dalam catatan temuan BPK RI tersebut, aset yang belum ditemukan atau hilang pada 20 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) senilai Rp. 15 M tersebut belum dihapuskan dari pembukuan.

Hasil pemeriksaan terhadap Kepala Bidang (Kabid) Aset BKD menurut BPK RI, bahwa Kabid belum memverifikasi atau memvalidasi aset yang hilang tersebut.

W. Sigit Rahardjo. Kabid BMD Kota Cirebon

Menyikapi hasil temuan BPK RI dalam Buku LHP TA 2016 tersebut, Kepala Bidang Barang Milik Daerah (Kabid BMD) W. Sigit Rahardjo, menyatakan bahwa hasil temuan BPK RI tersebut telah diselesaikan oleh pihaknya.

“Kami sudah menindaklanjuti hasil temuan tersebut dan telah pula disampaikan kepada Inspektorat Kota Cirebon,” jawab Sigit kepada Inapos, Selasa (25/09/2018) ketika ditanyakan bagaimana tindaklanjut temuan BPK RI tersebut.

Masih menurut Sigit, nilai sebesar Rp. 15 M tersebut bukan satu tahun anggaran.

“Nilai tersebut adalah akumulasi sejak tahun 2005. Dimana sejak tahun tersebutlah mulai dilakukan pemeriksaan. Dan aset yang belum ditemukan atau hilang itu antaranya barang yang telah rapuh karena terlalu lama maupun rapuh karena kena hujan. Jadi jangan dinilai aset tersebut hanya di tahun anggaran tertentu,” elaknya.

Namun saat ditanyakan tanggapannya terkait temuan tersebut adalah barang yang hilang, Ia hanya bisa mengiyakan.

“Oh, iya karena dari 20 SKPD tersebut belum semua di invetarisir. Karena barang yang dipakai mungkin digunakan oleh pendahulu-pendahulu yang belum melaporkan terkait barang yang dipakai,” papar Sigit pula.

Namun pada dasarnya, temuan BPK tersebut telah ditindaklanjuti dan nilai aset yang belum ditemukan atau hilang telah menurun jumlahnya. Tutup Sigit diruang kerjanya. (Cep’s/Kris)