Ribuan Santri Ikuti Kirab Merah Putih PCNU Kota Cirebon

0
133
KOTA CIREBON.- Ribuan santri dari berbagai sekolah dan pondok pesantren antusias ikuti Kirab Santri Nasional tingkat Kota Cirebon yang diselenggarakan PCNU Kota Cirebon, Selasa (22/10/19).

Adapun start Kirab Santri dimulai dari MAN I Kota Cirebon Jl. Pilang raya – Jl. Dr. Wahidin – Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo dan berakhir di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon.
Ketua PCNU Kota Cirebon Kyai M. Yusuf, SE menyampaikan PCNU Kota Cirebon dalam peringatan Hari Santri Ke 4 Tahun 2019 menggelar beberapa kegiatan yaitu Lomba MTQ, Festival Hadroh, Futsal Santri Cup, Musabaqoh Qiroatul Kutub, Lomba Mewarnai dan Menggambar Logo NU, Fashion Show Santri Sarungan, Upacara Hari Santri Nasional, Seminar Santri dengan tema “Peran Santri dalam Era Revolusi Industri 4.0 Untuk mempertahankan NKRI” dan Cirebon Bersholawat.
“Acara peringatan Hari Santri dimulai sejak tanggal 19 – 22 Oktober 2019, dengan acara puncak yakni tanggal 26 Oktober 2019 dengan agenda Tabligh Akbar dan Istighosah Kubro,” ujarnya.
Maaih kata Kyai Yusuf, peringatan HSN ini merupakan sekaligus kado terindah dari Pemerintah dengan di sah kannya Undang-Undang Pesantren yang menjadi payung hukum bagi pemerintah untuk memajukan ponpes.
“Alhamdulillah kami sangat apresiasi dengan adanya Undang – undang ini,” kata Kyai Yusuf.
Menurutnya, Kota Cirebon saat ini sudah menjadi zona merah, kenapa? Karena banyak pemahaman agamanya tidak pas sehingga salah paham dan timbulnya gagal paham.
“Santri harus ambil peran. Jangan sampai peran – peran itu diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” tegasnya.
Kyai Yusuf menambahkan, santri harus menjadi yang terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI dan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila. (Kris)


Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here