Setelah Pokemon Legends: Arceus sukses menghadirkan ide baru di awal tahun 2022 lalu, ekspektasi untuk Pokemon Scarlet & Violet tentu saja meningkat. Banyak yang menganggap bahwa game mainline Pokemon ini akhirnya akan mendongkrak standar kualitas untuk serial ini ke depannya. Apalagi sejak pertama kali diumumkan, game generasi kesembilan ini dijanjikan akan menghadirkan lebih banyak lagi ide baru.
Sayangnya pada saat rilis, Pokemon Scarlet & Violet mendapatkan label yang sama dengan game Pokemon modern lainnya: sejumlah ide menarik yang masih perlu dipoles.

Penuh Masalah

Kalau kamu membuka media sosial selama tiga hari terakhir, kamu mungkin sudah tahu bahwa Pokemon Scarlet & Violet punya performa dan presentasi yang sangat kurang, terutama dari segi visual.

Untuk performa, game ini beberapa kali mengalami frame drop, terutama di area seperti hutan yang penuh rumput dan pepohonan. Tapi yang paling menjengkelkan adalah beberapa interaksi yang harusnya tidak perlu waktu lama ternyata perlu waktu satu hingga dua detik.
Sebagai contoh, untuk menginiasi battle dengan Pokemon liar, kamu bisa melempar Pokeball berisi Pokemon-mu. Delay antara melempar Pokeball hingga Pokemon-mu muncul ini perlu waktu satu atau dua detik dan cukup mengganggu.

Lalu untuk masalah visual, saat artikel ini rilis, Pokemon Scarlet & Violet punya banyak glitch visual. Terkadang ketika kamu memutar kamera saat sedang berada di dekat dinding, kamu akan melihat dimensi biru kosong di balik dinding tersebut. Tidak hanya itu, environment terkadang perlu waktu agar benar-benar terbentuk. Lalu entah mengapa setiap NPC bergerak dengan tiga atau empat frame ketika terlihat di kejauhan.

Jika harus dijelaskan secara singkat, Pokemon Scarlet & Violet terlihat sama sekali tidak dipoles. Ini sangat disayangkan karean dari segi gameplay, game ini sebenarnya cukup seru berkat beberapa ide barunya.

Situs slot gacor maxwin merupakan salah satu situs terpercaya untuk bermain game online serta mendapatkan penghasilan tambahan dan sudah terbukti membayar.

Seru Terlepas Dari Kekurangannya?

Kamu bermain sebagai siswa pindahan di sebuah akademi di Paldea. Kebetulan, kamu masuk tepat sebelum akademi tersebut melakukan hajatan tahunannya: Treasure Hunt. Tapi harta karun di sini bukanlah sebuah objek, melainkan melakukan petualanganmu sendiri.

Seperti yang sudah sempat mereka promosikan, Pokemon Scarlet & Violet punya tiga storyline utama. Kamu bisa menantang gym leader layaknya game Pokemon biasa, berburu Pokemon Titan, atau memberantas kelompok preman bernama Team Star di berbagai lokasi markas mereka. Masing-masing storyline ini punya banyak mission point yang tersebar, dan masing-masing juga memberikan pengalaman gameplay yang berbeda.

Pada akhirnya, titik misi ini hadir sebagai pengingat dan tujuan yang perlu kamu capai. Ini karena Paldea sendiri adalah wilayah yang sangat luas dengan iklim yang beragam. Setiap lokasi di masing-masing area bisa saja dihuni oleh Pokemon baru yang belum pernah kamu jumpai. Tidak hanya itu, kamu mungkin saja akan menemui Pokemon dengan level yang jauh lebih tinggi dari semestinya.

Ditambah dengan potensi menemukan item seperti TM yang langka, menjelajahi setiap sudut di semua area di Pokemon Scarlet & Violet jadi kesenangan sendiri. Apalagi sambil berpetualang kamu bisa ditemani oleh Pokemon kesayanganmu.

Sejak awal permainan, kamu sudah bisa menunggangi Koraidon/Miraidon untuk mempermudah navigasi. Namun selain itu kamu juga bisa mengeluarkan satu Pokemonmu untuk berjalan bersamamu lewat fitur Let’s Go. Tidak hanya berjalan di sampingmu, fitur Let’s Go ini juga membuat Pokemon yang kamu keluarkan bisa menghajar Pokemon liar dengan sendirinya.

Fitur Let’s Go ini jelas jadi fokus utama di Pokemon Scarlet & Violet. Pertama, fitur ini adalah salah satu cara paling efisien untuk melakukan grinding karena kamu tidak perlu menggunakan PP.

Selain itu menghajar Pokemon liar dengan Let’s Go juga merupakan cara tercepat untuk mengumpulkan material untuk membuat TM. Ketiga, semua navigasi menu dalam game ini dibuat sedemikian rupa agar kamu bisa menggunakan fitur ini dengan mudah.
Terakhir, dari segi combat, Pokemon Scarlet & Violet menawarkan beberapa peningkatan quality of life. Pertama, setiap Pokemon bisa mengingat dan melupakan jurus yang pernah ia pelajari. Kedua, kamu bisa membuat TM sendiri jika punya bahan yang cukup. Kemudian Terastallize yang mengubah tipe Pokemon juga melahirkan fleksibilitas yang menarik di combat.
Sekali lagi, karena performa dan presentasinya yang sangat kurang, Pokemon Scarlet & Violet mungkin akan terasa menjengkelkan dan tidak nyaman dimainkan di beberapa jam awal.
Namun di balik kekurangan itu, game ini sebenarnya menghadirkan pengalaman Pokemon terbaik yang bisa kamu temui sejauh ini. Jadi jika kamu tabah melewati kekurangannya, game ini tetap layak untuk dimainkan. Jika tidak, kamu mungkin hanya bisa menunggu diskon atau patch.