Bupati Bungo Resmikan Pembangunan Posyandu Dan Penerima Program BSPS Kelurahan Batang Bungo

0
154

INAPOS,MUARABUNGO-Bupati Bungo H.Mashuri,SP.ME menghadiri dan meletakkan batu pertama pembangunan Posyandu di Kelurahan Sungai Batang Bungo, Kecamatan Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Senin (10/08).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Para staf ahli, asisten, kepala OPD, camat, para lurah se kecamatan Pasar Muara Bungo,serta masyarakat Kelurahan Sungai Batang Bungo.

Berawal dari Sambutan Camat Pasar Muara Bungo, Sofyan Maas dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini murni dilaksanakan oleh swadaya masyarakat Batang Bungo yang mana memang kegiatan ini merupakan wujud syukur pada masyarakat.

“Karena masa kepemimpinan saya menjadi camat lebih kurang 3 tahun ini, kami berusaha terutama dengan dana kompensasi dana GDM (Gerakan Dusun Membangun ) sebesar Rp.100 juta pertahun, hampir setiap tahun di kelurahan Batang Bungo ini kita bangun fisiknya yaitu jalan stapak dan drainase seperti yang kita lihat saat ini,”Ujar Camat Pasar Muara Bungo.

Ada dana alokasi umum (DAU) merupakan dana tambahan yang di mulai dari tahun 2019, tetapi di tahun 2019 itu baru Rp.430 juta,kami tidak bisa membangun fisik dan 40 persen kami adakan keberdayaan.

Ia menambahkan” pada tahun 2020 atas upaya pak Bupati meraih dana tambahan DAU supaya setara dengan dusun sehingga 12 kelurahan yang ada di Kabupaten Bungo mendapat alokasi dana sebesar Rp.1.081 juta.

Dana itu dipergunakan untuk bangunan fisik lebih kurang 60%, kemudian kepemberdayaan juga 40%, Yang mana dana kepemberdayaan kami laksanakan tahun kemarin dan tahun ini ada membatik, dasa wisma, dasa wisma ini kami anggarkan Rp.1juta sehingga bisa bergerak dan melaksanakan kegiatannya sesuai dengan petunjuk dari tingkat kabupaten,”Katanya.Ditempat yang sama Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME juga mengatakan, barusan saja kita sama-sama melihat melaksanakan pemasangan batu pertama untuk bangunan posyandu di kelurahan Batang Bungo tepatnya di RW 06,selain itu kita juga melihat program ibu-ibu Dasa wisma membatik.

Alhamdulillah ibu-ibu kita di kelurahan Batang Bungo ini orangnya berkreatif mereka tidak mau diam, mereka paham apa saja yang bisa menjadi income bagi mereka.

Jadi untuk dana DAU kelurahan dari tahun 2020 ini lebih kurang Rp.1Milyar yang bisa dipergunakan untuk pembangunan fisik dan non fisik. Dan fisiknya tidak bisa berupa infrastruktur yang ber skala kecil yang di butuhkan oleh kelurahan mulai dari jalan stapak, parit, Goro, termasuk pembangunan Posyandu ini, ini sudah dijalankan oleh kelurahan Batang Bungo, sebagian kegiatannya ada di RW 06.

Bupati menyampaikan,”Apresiasi kepada kelurahan Batang Bungo selain kegiatan fisik tadi sebagian anggarannya dipergunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan sudah kita lihat hasilnya tadi,”Kata Bupati.

(Rena)