Ratusan Peserta Joy Sailing, Kagumi KRI Teluk Cirebon

0
190

INAPOS, CIREBON – Ratusan peserta Joy Sailing yang berasal dari pelajar, mahasiswa, pramuka saka bahari hingga tokoh masyarakat dan Forum Pimpinan Daerah Kota Cirebon, kagumi kegagahan KRI Teluk Cirebon saat berlayar di laut Jawa Kamis (12/12/2019).

Joy Sailing ini digelar Pangkalan TNI Angkata Laut (Lanal) Cirebon.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan, Joy sailing atau pelayaran merupakan bagian dari program pelatihan bela negara yang dilaksanakan Lanal Cirebon.

Peserta Joy Sailing dapat merasakan senssasi berlayar di laut Jawa dengan mengunakan KRI Teluk Cirebon. Hal ini dapat meningkatkan rasa cinta tanah air bagi warga.

“Tujuan utamanya adalah untuk menanamkan semangat cinta tanah air, sekaligus mengenalkan kekuatan pertahanan milik TNI AL. Sehingga diharapkan mereka semakin cinta dan bangga menjadi warga negara Indonesia,” ujar Agung

Agung menambahkan peserta Joy Sailing tampak menikmati pelayaran selama sekitar 3 jam tersebut. Selain itu, peserta juga dikenalkan berbagai hal mengenai seluk beluk kapal perang buatan Jerman Timur tahun 1979 itu.

“Peserta sangat menikmati perjalanan, walau hanya tiga jam dan menjadi edukasi dengan mengenal seluk beluk KRI Teluk Cirebon,” ujar Agung

Sementara salah satu peserta Yanto mengatakan perjalanan dengan mengunakan KRI Teluk Cirebon merupakan pengalaman pertama kali. Sehingga dirinya menyempatkan untuk ikut berlayar, walaupun kesehariannya sibuk.

“Saya sebenarnya sangat sibuk hari ini. Tetapi ini kesempatan yang sangat jarang, makanya saya tetap berangkat. Dan ternyata memang benar, kita harus bersyukur dengan bangga dengan apa yang dimiliki TNI AL saat ini,” ucap Yanto.

Selama perjalanan, peserta yang berkumpul di geladak utama mengabadikan momen tersebut dengan berfoto. Mereka mengaku terkesan karena suasana kapal berbeda dari yang dibayangkan.

Joy Sailing Lanal Cirebon merupakan rangkaian bela negara di hari armada tahun 2019, juga mengelar open ship selama tiga hari dari serta pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AL. (Cep’)