BUNGO.- Siswa baru Sekolah Menengah pertama (SMP) Negeri 2 Bungo melaksanakan upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Kamis (14/7/2022).

MPLS ini dilaksanakan selama tiga hari kedepan, mulai Kamis 14-16 Juli 2022. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Kepala SMP Negeri 2 Bungo Hermawati, S.Pd.

Hermawati mengatakan, masa pengenalan lingkungan sekolah, atau MPLS merupakan kegiatan pendahuluan dan penting diikuti oleh para siswa dan siswi baru. Jadi kegunaan MPLS supaya para siswa baru lebih mengenal lebih dekat lingkungan sekolah dan bagaimana tata tertib di SMP  2 Bungo.

“Kegiatan ini memang agenda rutin tiap tahun digelar pada hari pertama masuk sekolah. Mereka semua diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, seperti tata tertib yang diterapkan di sekolah,” ucap Kepsek.

Dijelaskan, dalam kegiatan ini berbagai materi diberikan ada wawasan Wiyata Mandala, pendidikan kepramukaan, tata krama dan perundungan serta sejumlah organisasi yang ada di SMP 2 Bungo.

“Selain itu, akan dilanjutkan kegiatan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara. Kemudian pengenalan Fasilitas Sekolah, Belajar Efektif, literasi digital, karakter,  pengenalan ekstrakurikuler, pendataan minat dan bakat peserta didik baru,” terangnya.

Dikatakan, pembukaan MPLS SMP 2 Bungo Tahun Ajaran 2022-2023 diikuti oleh 273 peserta yang telah melewati seleksi PPDB tahun ini. Selamat kepada siswa baru dan terima kasih kepada wali murid yang telah mempercayakan anaknya melanjutkan pendidikan disini.

“Alhamdulilah minat anak-anak yang ingin bersekolah di SMPN 2 sangat banyak ya, ini tidak lepas dari peran saya dan juga guru dalam menegakkan kedisiplinan dan tanggung jawab, karena itu menjadi poin plus untuk SMPN 2 ini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu kepala sekolah memasangkan plakat nama kepada siswa dan siswi baru secara simbolis bahwa resmi di terima sebagai pelajar baru di SMP 2 Bungo.

“Pihak sekolah akan siap memfasilitasi, membimbing dan membina anak-anak agar berprestasi demi menggapai cita-cita yang diinginkan,” ungkapnya.

(Rena)