Ratusan CASN Bakamla RI Laksanakan Tes Seleksi Kompetensi Dasar

0
6
(Foto dok. Puspen TNI)

INAPOS.COM – Ratusan peserta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Bakamla RI yang dinyatakan lolos administrasi melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bertempat Hotel Pasific Place, Batam, Rabu (22/09/2021).

Penyelenggaraan SKD CASN ini merupakan lanjutan tes yang kedua setelah sebelumya Pelaksanaan SKD pertama sudah terlaksana di Gedung Laut Nusantara Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Hadi Pranoto selaku ketua pantia Zona Barat Bakamla, memberikan bekalan kepada seluruh peserta tes SKD.

“Tes hari ini merupakan perjalanan kalian kedepan dalam berkarir, laksanakan ujian dengan tertib. Panitia tidak mentoleransi segala bentuk kecurangan peserta selama proses ujian. Apabila peserta dikarenakan suatu hal tertentu dicurigai melakukan kecurangan maka akan dicatat dalam berita Acara Pelaksanaan dan dinyatakan Tidak Lulus,” kata Laksma Bakamla Hadi Pranoto.

Lebih lanjut dikatakannya, kalian tenang kosentrasi yang baik untuk bisa bergabung dengan Bakamla. Kelulusan peserta adalah prestasi sendiri, dihimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang atau pihak tertentu yang menjanjikan dapat membantu kelulusan.

Tes SKD digelar dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) dan berlangsung dengan durasi 100 menit untuk menjawab 110 soal. Soal-soal tes SKD CPNS 2021 tersebut terdiri dari 3 jenis materi, meliputi Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta tes SKD maupun masyarakat dapat memonitor perolehan nilai atau score tes melalui live streaming dalam kanal YouTube Official CAT BKN. (red/Puspen TNI)