London, inapos.comRatu Inggris, Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun, setelah kondisi kesehatannya semakin memburuk dalam beberapa waktu terakhir.

Ratu Elizabeth II, raja terlama di Inggris, telah meninggal di Balmoral pada usia 96, setelah memerintah selama 70 tahun. Dia meninggal dengan tenang pada Kamis (8/9/2022) sore di tanah miliknya di Skotlandia, tempat dia menghabiskan sebagian besar musim panas.

Sang Ratu naik takhta pada tahun 1952 dan menyaksikan perubahan sosial yang sangat besar. Putranya, Raja Charles III, mengatakan kematian ibu tercintanya adalah saat kesedihan yang luar biasa bagi dia dan keluarganya dan bahwa kehilangannya akan sangat terasa di seluruh dunia.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya seorang penguasa yang disayangi dan seorang ibu yang sangat dicintai,” kata Raja Charles III, dikutip dari bbc.com (9/9/2022).

Kesehatan Ratu Inggris, Elizabeth II, dikabarkan dalam situasi yang memburuk. Bahkan, dokter kerajaan menyarankan kesehatan ratu 96 tahun itu untuk selalu dalam pantauan tim medis.

Diketahui, Lilibet, begitu ia dikenal dalam keluarga, adalah penguasa terlama di Inggris dan pemimpin tertua di dunia, telah menderita apa yang disebut Istana Buckingham sebagai ‘masalah mobilitas episodik’ sejak akhir tahun lalu. Ratu Elizabeth bahkan juga dipaksa untuk mengurangi keterlibatannya dalam acara publik.

Dalam kondisi seperti ini, Ratu Elizabeth II telah ditempatkan di Retret Balmoral yang terletak di dataran tinggi Skotlandia. Kemarin, sang ratu sempat menerima audiensi dari Perdana Menteri (PM) Inggris yang baru, Liz Truss.

Ratu Elizabeth II terlahir sebagai Elizabeth Alexandra Mary Windsor, di Mayfair, London, pada 21 April 1926. (red*)