Raja dan Sultan Se-Nusantara, Minta Masyarakat Bersatu Kembali

0
175

Jakarta.- Sekitar 100 raja dan sultan di Nusantara berkumpul membahas kemajuan budaya. Mereka juga membahas program pemerintah terkait budaya.

“Di forum ini, sultan dan raja-raja bersinergi dengan pemerintah dalam hal kemajuan budaya, budaya-budaya keraton yang akan berdampak pada pariwisata, termasuk budaya daerah masing-masing, karena raja dan sultan ini kan ada di Nusantara, jadi kita membantu dan mendukung program pemerintah,” kata Dewan Pakar Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) Anna Mariana, di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (24/06/19).

Para raja dan sultan yang hadir di pertemuan ini tampil dengan pakaian tradisional daerah masing-masing. Dalam pertemuan itu tampak juga Menpora Imam Nahrawi, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, dan mantan Kapolda Lampung Irjen Ike Edwin. Mereka duduk berbaur dengan para raja yang berada di tempat pertemuan.

Anna mengatakan pihak dari sejumlah kementerian juga diundang dalam kegiatan ini. Mereka juga mengundang perwakilan duta besar negara sahabat untuk membahas kemajuan budaya.

“Hari ini yang hadir raja dan sultan kurang-lebih 100, dan seluruh kementerian kami undang dan duta besar negara sahabat,” ujarnya.

Kondisi politik Indonesia yang saat ini sedang menunggu pemenang Pemilu juga jadi perhatian FSKN. Mereka berharap siapapun yang menang dalam Pemilu merupakan sosok terbaik untuk memimpin.

“Kita mendoakan untuk bangsa dan negara ini yang terbaik dan pemimpin-pemimpin bangsa terbaik, baik sekarang dan yang akan datang, berikut dengan tokoh-tokohnya,” pungkas Anna.

Dirinya juga menegaskan dalam pertemuan ini kami menolak adanya kerusuhan, keutuhan NKRI lebih dari segalanya. Mengenai perbedaan pilihan itulah demokrasi, setelah itu kita kembali lagi seusai adanya penetapan Presiden dan wakil Presiden. (Elwan)


Komentar Anda?