Pupuk Toleransi Beragama Babinsa Jaka Sampurna Bantu amankan Kegiatan Perayaan Pujawali

0
97
Inapost.com Kota Bekasi – Wujudkan Indonesia damai dan adil serta Sikap Toleransi dilaksanakan oleh Pelda Haryadi dan Pelda Romi. H Babinsa Jaka Sampurna Kormil 01/Kranji Kodim 0507/Bekasi, dalam pelaksanaan pengamanan peribadatan umat Hindu dalam perayaan Perayaan Pujawali, yang bertempat di Pura Agung Tirta Bhuana di jln, Jatiluhur RT 01/13 Kel. Jakasampurna, Kec. Bekasi Barat, Kota Bekasi. Sabtu (13/02/2021).

Dalam pelaksanaannya kegiatan peribadatan umat Hindu dalam perayaan Perayaan Pujawali ini diikuti oleh kurang lebih 50 orang yang dilakukan secar bergantian yang dibagi menjdi 3 kelompok, hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai Covid-19 serta untuk mencegah terjadinya Cluster penyebaran Covid-19 di tempat peribadatan.

Menurut Danramil 01/Kranji MAyor Inf Choirul Anam,S.sos., menyampaikan dalam rilis tertulisnya, mengatakan “kegiatan pengamanan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang sedang beribadah, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman melaksanakan ibadah”.ucap Danramil

“Tidak hanya itu kegiatan pengaman ini merupakan wujud Toleransi umat beragama yang harus terus dijunjung tinggi, agar terciptanya sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok atau antar individu (perseorangan) baik itu dalam masyarakat ataupun dalam lingkup yang lain, yang mana Sikap toleransi dapat menghindari terjadinya diskriminasi, walaupun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.”tutup danramil.

Pelda Haryadi menambahkan, “Kami juga menghimbau kepada warga yang melaksanakan ibadah untuk mematuhi protokol kesehatan di mulai dari awal masuk pure dengan pengukuran suhu dan mencuci tangan serta diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak saat beribadah”, kata Haryadi.

Kegiatan Persembahyangan Pujawali dilakaanakan setiap 6 (enam) bulan sekali dan tahun ini mengusung tema ” Om Swastiastu, “Melalui Pujawali Pura Agung Tirta Bhuana kita tingkatkan Sadha dan Bhakti untuk kepatuhan kepada Guru Wisesa menuju Harmonisasi Alam dalam mengakhiri era Pandemi Covid 19”.

Diakhir kegiatan persembahyangan pimpinan PINANDITE/PEMANGKU WAYAN SUMADIL mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah berkenan datang dan mengamankan kegiatan persembahyangan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan aman. (Mon)