PT Pegadaian Luncurkan Program Sampah Jadi Emas

0
260

KOTA CIREBON.- Dalam rangka ikut mewujudkan Kota Cirebon bersih, PT. Pegadaian melalui Program Pegadaian Bersih-bersih lingkungan ikut berpartisipasi dengan menggandeng Bank Sampah yang ada di Kota Cirebon.

Hal tersebut dikemukakan Deputi Bisnis Area PT Pegadaian Dwi Santoso usai mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kantor OJK, Jl. Cipto Mangunkusumo, Rabu (20/2).
“Secara perusahaan kami mempunyai Program Pegadaian Bersih bersih lingkungan, dengan menggandeng Bank Sampah yang ada di Kota Cirebon,” ujarnya.
PT Pegadaian, lanjut Dwi, akan membantu Bank Sampah mulai dari insfrastruktur, sarana dan prasarana distribusi sampah dan tentunya memberikan nilai ekonomis dengan tabungan emas.
“Bantuan tahap awal kami akan pilih 4 atau 5 bank sampah yang ada di RW. Jenis bantuan bisa kendaraan operasional, mesin press sampah dan  pembuatan taman disekitar Bank Sampah,” ungkap Dwi.
Dwi menjelaskan, program rekening tabungan emas merupakan salah satu porto folio produk pegadaian untuk investasi masyarakat, bisa menyimpan sebagian pendapatan dalam bentuk emas. Keuntungannya tidak harus membeli dalam jumlah yang besar, tetapi bisa membeli dari yang terkecil 0.01 gram atau 6.000 rupiah.
“Masyarakat menyerahkan sampah anorganik ke bank sampah dinilai dalam bentuk uang. Tetapi uang itu akan difasilitasi dalam bentuk tabungan emas, jadi uang tidak diberikan secara langsung kepada masyarakat tetapi langsung dimasukkan ke rekening tabungan,” jelas Dwi.
Ia membeberkan, pihaknya sudah menjalankan program ini di RW 8 Merbabu Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti.
“Dalam waktu dekat infrastruktur disana akan dibenahi, mudah-mudahan bulan Maret sudah selesai,” bebernya.
Dwi berharap adanya program ini mengingatkan kembali pentingnya bagaimana memilah sampah dari rumah tangga dan
bagaimana penyadaran kepada masyarakat mulai peduli akan lingkungan.
“Sakitnya kita salah satunya dari pengelolaan sampah yang tidak baik,” pungkasnya. (Kris)