Program Triple Untung Plus, Ringankan Warga Kota Cirebon Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

0
38

KOTA CIREBON.- Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Tim Pembina Samsat Jawa Barat, mengeluarkan kebijakan relaksasi pajak melalui Program Triple Untung Plus Tahun 2021 yang dimulai 1 Agustus hingga 24 Desember 2021.

Kepala Pusat Pelayanan Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Cirebon, Yosep Mochamad Zuanda, S.STP., M.SI mengatakan, secara umum, Ada 3 keuntungan yang dapat dapatkan oleh Wajib Pajak di Program Triple Untung Plus.

Pertama, bebas denda bagi warga yang terlambat membayar PKB. Namun, pembebasan denda ini tidak berlaku untuk kendaraan ubah bentuk, ganti mesin dan/atau ex-dump/lelang yang belum terdaftar.

Kedua, bebas pokok dan denda BBNKB II. Keringanan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin melakukan proses BBNKB kedua dan seterusnya di wilayah Jawa Barat.

Ketiga, bebas tunggakan PKB tahun kelima. Pemberian Bebas Tunggakan PKB tahun ke-5 ini diberikan kepada Wajib Pajak yang memiliki kewajiban tunggakan pajak lebih dari 5 tahun.

Ia menjelaskan, sesuai dengan penamaannya yaitu Tripel Untung Plus, maka ditambah dengan “Plus” nya, yaitu :

Pengurangan sebagian Pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atas Penyerahan Pertama, sebesar 2,5% (dua koma lima persen)
Pengurangan sebagian Pokok Pajak Kendaraan Bermotor, dengan ketentuan pembayaran sebagai berikut :

1. Pembayaran saat jatuh tempo sampai dengan 30 hari sebelum jatuh tempo, diberikan Diskon sebesar 2%;

2. Pembayaran lebih dari 30 sampai dengan 60 hari sebelum jatuh tempo, diberikan Diskon 4%.

3. Pembayaran lebih dari 60 sampai dengan 90 hari sebelum jatuh tempo, diberikan diskon sebesar 6%.

3. Pembayaran lebih dari 90 hari sampai dengan 120 hari sebelum jatuh tempo, diberikan Diskon sebesar 8%.

4. Pembayaran lebih dari 120 hari sampai dengan 180 hari sebelum jatuh tempo, diberikan Diskon sebesar 10%.

“Pada Poin 2 ini, intinya adalah ada Diskon 2% per bulan bagi Wajib Pajak yang membayar lebih cepat dari jatuh Tempo. Dengan demikian, dihimbau kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon untuk bisa membayar Pajak dengan tidak menunggu mendekati jatuh tempo, karena dengan membayar lebih cepat maka akan mendapat diskon semakin besar (dengan catatan jatuh tempo Pajak Kendaraan Bermotor di tahun ini yaitu tahun 2021),” jelasnya kepada inapos.com, Selasa (3/8/21).

Yosep menambahkan, Keuntungan tidak hanya sampai disitu, Selain ada Bebas dan Diskon, Tim Pembina Samsat Jabar bekerja sama dengan bank bjb, juga menyiapkan berbagai hadiah untuk para Wajib Pajak yang taat membayar Pajak.
Adapun hadiah menarik yang bisa dimenangkan antara lain,
1 Sepeda Motor 150 CC,
5 Sepeda Motor 110 CC,
10 Tabungan BJB masing-masing Rp 5.000.000
20 Tabungan BJB masing-masing senilai Rp 1.000.000
dan hadiah hiburan berupa 20 BJB DigiCash senilai masing-masing Rp 200.000.

“Dihimbau kepada seluruh masyarakat Kota Cirebon khususnya pemilik mobil dan motor bisa memanfaatkan relaksasi ini. Terlebih lagi program ini, bisa meringankan beban akibat denda dari tunggakan pajak,” pungkasnya. (Kris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here