Program BPUM Rp. 2,4 Juta Berlanjut di 2021

0
225

INAPOS, JAKARTA,- Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) akan melanjutkan program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau yang biasa disebut BLT UMKM Rp2,4 juta pada tahun 2021 ini.

Rencananya, Kemenkop akan memberikan bantuan BPUM kepada 20 juta pelaku usaha mikro. Akan tetapi, belum ada kabar mengenai jadwal pembukaan pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 juta tersebut.

Untuk mendapatkan bantuan BPUM ini, pelaku usaha mikro harus mendaftar dan memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya harus mempunyai Surat Keterangan Usaha (SKU) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Untuk membuat perizinan izin usaha bisa mendatangi RT dan RW untuk meminta surat pengantar membuat SKU kemudian Anda menyerahkannya ke kelurahan atau kantor desa, selanjutnya menuju kecamatan untuk pembuatan SKU (Surat Keterangan Usaha). Setelah itu Anda bisa datang ke Dinas Industri dan Perdagangan (Disperindag) setempat.

Nanti akan ada pegawai yang meminta Anda untuk membuat IUMK (Izin Usaha Mikro Dan Kecil). Pegawai Disperindag akan memanggil Anda untuk membuat IUMK.

Pelaku UMKM yang ingin membuat SKU ini cukup datang ke kantor tersebut dengan membawa:

• Surat Pengantar RT/RW

• Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (Asli & Fotokopi)
• Kartu Keluarga (KK) (Fotokopi)
• Surat Pernyataan/Permohonan

Kemudian Kepala Desa atau Camat yang berwenang akan memberikan SKU yang diminta untuk mendaftar bantuan BLT Banpres UMKM atau BPUM.

Sumber : depkop.go.id