Presiden Resmi Melantik Abdul Gani-Al Yasin, Sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Malut

0
70

Inapos, Jakarta.- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih KH. Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara periode 2019-2024.

Pada acara pelantikan tersebut terlebih dahulu diawali dengan penyerahan petikan keputusan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang berlangsung di Istana Merdeka, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (10/05/19). Selanjutnya, Presiden RI Jokowi dan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo serta Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara yang dilantik kirab dikawal Paspampres dengan berjalan kaki menuju Istana Negara.

Diawal acara dengan pembacaan surat keputusan Presiden No 38/P tahun 2019 tentang pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, masa jabatan 2019-2024 yang dibacakan langsung oleh kepala Deputi Bidang Adminstrasi Kementerian Sekertariat Negara. Setelah itu Presiden Jokowi menanyakan kesediaan KH. Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali untuk diambil sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Jokowi diikuti oleh Abdul dan Al Yasin di Istana Negara.

Setelah pembacaan sumpah, Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba dan Wagub Al Yasin Ali menandatangani berita acara pelantikan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara 2019-2024 di hadapan Presiden Jokowi. Jokowi juga membubuhkan tanda tangan di dokumen itu. Diakhir acara pelantikan, Presiden RI Jokowi didampingi Ibu Negara memberi ucapan selamat pada Gubernur dan wakil Gubernur Malut yang baru dilantik, disusul Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Istrinya, kemudian Menteri Dalam Negeri disusul tamu undangan yang hadir di Istana Negara baik itu tamu dari Pemerintah Pusat maupun tamu dari Pemerintah daerah Provinsi Maluku Utara.

Seperti diketahui, KH. Abdul Gani-Al Yasin merupakan pasangan Gubernur dan Wagub hasil Pilkada Serentak 2018. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil suara Pilgub Maluku Utara 2018 melalui Pemilihan Suara Ulang (PSU). (Elwan)


Komentar Anda?