Prasasti Tarumanagara di Gedung Juang

0
82

INAPOS, BEKASI,- Bicara soal heboh Monumen baru ‘Prasasti Tarumanagara’ di Gedung Juang, Viki Jayadi, Penasehat Komunitas Seni, Budaya, Sanggar dan Komunitas BALAD BEKASI menyaran public untuk berpikir positif dan mempelajari sejarah, Budaya dan symbol dari Prasasti Tugu.

“Dari hati yang paling dalam, saya menyarankan semua pihak untuk menahan diri dan berhenti menyataan itu patung pentol Korek atau patung yang lain….” Katanya kepada media.

Prasasti tersebut isinya menerangkan penggalian Sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian Sungai Gomati oleh Purnawarman pada tahun ke-22 masa pemerintahannya. Penggalian sungai tersebut merupakan gagasan untuk menghindari bencana alam berupa banjir yang sering terjadi pada masa pemerintahan Purnawarman, dan kekeringan yang terjadi pada musim kemarau.

Laki-laki ini kerap di sapa Paman Vj. Ini singkatan dari namanaya Viki Jayadi. Paman Vj mengajak mengapresiasi dan mendukung segala jerih payah dari Pemerintah Kabupaten Bekasi, khususnya Bupati ekoa, untuk melestarikan dan merivitalisasi Gedung Juang Tambun. Pak Bupati ingin kita menyadari bahwa ada sebuah Kerajaan Besar yang pernah berdiri di Bekasi. Yakni Kerajaaan Tarumanagara. Dengan rajanya Sang Prabu Purnawarman. Saat membangun saluran air, atau Kali Gomati. Proyek ini ditujuan sebagai penangkal banjir saat musim hujan dan penyebaran air ke sawah-sawah. “Ini agenda mulia dari leluhur orang Bekasi yang harus kita hargai….” Katanya.
Saat ini Gedung Juang memang memilii tampilan baru. Revitalisasi. Ada Museum. Halaman depannya dibuat tanpa pagar. Namun berisi kolam dengan dikelilingi tujuhreplika prasasti yang menjadi bukti sejarah adanya Kerajaan Tarumanagara.

Satu monument yang dibuat lebih tinggi. Memang sekilas miriip Pentol Korek. Namun sejatinya itu menggambarkan hari Ulang tahun Bekasi, 15 Agustus 2020. Dilihat dari garis-garis meninggi sebanyak 15 buah menandaan tanggal kelahiran Kabupaten Bekasi. Sementara 8 menandakan Bulan agustus. Dan batunya itu adalah Prasasti Tugu.(Red)