PRA Luqman Zulkaedin Resmi Dinobatkan Menjadi Sultan Sepuh ke XV Keraton Kasepuhan

0
159

KOTA CIREBON.- Pangeran Raja Adipati (PRA) Luqman Zulkaedin akhirnya resmi sebagai Sultan Sepuh Ke XV Keraton Kasepuhan Cirebon, setelah melakukan serangkaian prosesi jumenengan atau penobatan di Bangsal Prabayaksa, Minggu (30/8/20).

Adapun prosesi Jumenengan tersebut diantaranya Penyerahan dan Penyematan Keris Sunan Gunung Jati oleh PR Goemelar
Soeriadiningrat kepada Sultan Sepuh XV PRA Luqman Zulkaedin. Penyematan Pin oleh Sekjen FSKN Raden Rasich Hanif Radinal Kerajaan Galuh.

Selanjutnya Penyematan Pin oleh Perwakilan Raja-Sultan Nusantara, Karaeng Turikale VIII, Brigjen Pol (P) DR. Drs. AA. Mapparessa, MM, M.Si, Kerajaan Turikale Maros Sulsel dan Penyerahan Nasab oleh Al Imam An-Naqib Al Mufassir Al Habib Prof Dr KH R Shohibul Farozi Azmatkhan dari Lembaga Peneliti & Pentashih Nasab Qobilah Ahlulbayt (Qobilah Al Hasani & Al Husaini) Sedunia.

Sultan Sepuh XV PRA Luqman Zulkaedin dalam sambutannya mengatakan, Keraton Kasepuhan Cirebon merupakan penerus dari Kasultanan Cirebon yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana dan Sunan Gunung Jati pada abad ke-15 sebagai pusat syiar Islam. Oleh karenanya seluruh ada istiadat dan tradisi yang berjalan di Keraton Kasepuhan berdasarkan kalender Islam.

“Alhamdulillah, hingga saat ini, adat istiadat dan tradisi serta silsilah Kasultanan Kasepuhan Cirebon masih tetap terjaga sampai saat ini, dari
mulai Sunan Gunung Jati sampai Sultan Sepuh XIV dan saat ini diteruskan oleh kami sebagai Sultan Sepuh XV,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada masa hidupnya, Alm. Sultan Sepuh XIV telah menetapkan saya,
PRA. Luqman Zulkaedin sebagai penerus Sultan sebagai tradisi turun temurun, yang dilaksanakan dari sejak era Sunan Gunung Jati ratusan
tahun yang lalu, dimana pengganti Sultan adalah putra Sultan.

“Alhamdulillah dari Lembaga Peneliti dan Pentashih Nasab, Asyraf Azmatkhan Ahlulbait Internasional, telah menerbitkan buku paspor
nasab untuk kami, dan baru saja diserahkan secara resmi oleh Alhabib Prof. Dr.KH.R. Shohibul Faroji Azmatkhan,” jelasnya.

Sementara itu, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dari Kesultanan Yogyakarta yang turut hadir dalam acara tersebut mengucapkan selamat atas naik tahtanya Sultan Sepuh XV.

Ia mengaku mengenal dekat dengan almarhum Sultan Sepuh XIV, karena mempunyai peran yang cukup bagus. Untuk itu dirinya berharap penerus tahta yang sekarang memegang teguh nilai – nilai dan komitmen Nusantara.

“Mudah-mudahan Cirebon layaknya Yogya, sehingga kehadiran sultan bukan hanya simbol, akan tetapi ruh dan gerakan Kesultanan Cirebon,” pungkasnya. (Kris)