Inapos.com Kukar – Guna pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2022, Satuan Lalu Lintas Polres Kutai Kartanegara menyelenggarakan Talkshow di Radio Pemerintah Kabupaten (RPK), Selasa (4/10/2022).

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena melalui Kasat Lantas AKP Reza Pratama R. Yusuf diawal kegiatan mengatakan, operasi Zebra Mahakam 2022 bertema Tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang Presisi digelar serentak pada tanggal 3-16 Oktober 2022.

“Talkshow hari ini sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi, bagaimana mengajak masyarakat untuk mematuhi disiplin berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas,” ujar Kasat Lantas.

Menurutnya, talkshow yang digelar ini menjadi sarana efektif dalam menginformasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan tugas Kepolisian, termasuk dalam operasi Zebra Mahakam pada tahun ini.

Selanjutnya, Kasat Lantas mengungkapkan sasaran operasi Zebra Mahakam 2022 meliputi potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata. Dijelaskan pula 7 pelanggaran yang menjadi prioritas selama pelaksanaan operasi.

Jenis pelanggaran tersebut diantaranya pengendara roda dua tidak menggunakan helm SNI, berboncengan lebih dari satu orang, pengendara di bawah umur, melawan arus, menggunakan handpone saat berkendara, di bawah pengaruh alkohol, serta berkendara melebihi batas kecepatan.

“Melalui talk show, kita harapkan tingkat kesadaran masyarakat semakin meningkat. Budaya tertib dan disiplin berlalu lintas hendaknya terus dipatuhi untuk kebaikan dan keselamatan pribadi maupun pengguna jalan lainnya,” ungkapnya.

“Kami mengajak seluruh pengendara menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Stop pelanggaran, stop kecelakaan, keselamatan untuk kemanusiaan,” ujar Kasat Lantas.(Red)