Polres Bengkayang Lakukan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba Jenis Sabu

0
119

BENGKAYANG.- Perbatasan RI-Malaysia diduga menjadi transaksi peredaran narkoba antar negara. Oleh karenanya Polres Bengkayang melalui Satnarkoba Polres Bengkayang terus berupaya menekan peredaran narkoba tersebut.

Satnarkoba Polres Bengkayang Polda Kalbar melaksanakan pemusnahan Barang Bukti (BB) tindak pidana narkoba jenis sabu, Jum’at (18/6/21).

Pemusnahan barang bukti narkoba merupakan hasil pengungkapan di Dusun Risau Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Provinsi Kalbar.

Wakapolres Bengkayang Polda Kalbar Kompol Amin Siddiq, S.H. yang memimpin kegiatan pemusnahan mengatakan bahwa ada 2 (dua) Laporan Polisi dengan barang bukti di Laporan Polisi Nomor 63 seberat 6,03 gram dan Laporan Polisi Nomor 64 seberat 314, 44 gram.

‘‘Setelah dilakukan pengujian di Balai Pengawas Obat Minuman (BPOM) dan penyisihan untuk kepentingan persidangan di pengadilan maka barang bukti yang akan dimusnahkan di Laporan Polisi Nomor 63 menjadi 3, 93 gram dan Polisi Nomor 64 menjadi 312, 34 gram,” ucap Wakapolres Kompol Amin Siddiq.

Kompol Amin Siddiq menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan langkah-langkah yang akan dilakukan Polres Bengkayang untuk mencegah maraknya peredaran Narkoba.

‘‘Keberhasilan pengungkapan ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang memberikan informasi’’, katanya.

‘‘Kedepan tentunya kami mengharapkan support dari masyarakat bahwa penegakkan hukum bukan menjadi tanggung jawab aparatur semata, tapi tanggung jawab semua termasuk pelibatan aktif masyarakat untuk memberikan informasi,” jelasnya.

Sebelum dilakukan pemusnahan, barang bukti narkoba dilakukan pengetesan dengan Test Kit.

‘‘Setelah dilakukan pengetesan terhadap sabu tersebut didapati warna berubah menjadi ungu yang menandakan positif mengandung Metamfetamin’’, tuturnya Kompol Amin Siddiq.

‘‘Dari total kedua LP tersebut ada 318 gram, bila mana 1 gram digunakan untuk 8 orang berarti dengan 318 tersebut kita bisa menyelamatkan 2544 jiwa dari bahaya narkoba khususnya sabu-sabu,” tutupnya.

Pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu ini dilakukan dengan cara di blander di campur dengan cairan pembersih lantai dan setelah itu dibuang oleh para tersangka di dalam selokan. (Yulizar)