Politisi Gerindra : Pemkot Cirebon Wajib Berikan Kompensasi Warga Argasunya Soal TPA Sampah

0
253
KOTA CIREBON.- Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanadi meminta Pemerintah Daerah Kota Cirebon berikan kompensasi kepada masyarakat Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.

Menurut Daddy, masalah kompensasi tersebut wajib hukumnya, sebab kesediaan warga wilayahnya menjadi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di Kopi Luhur.
“Jadi wajar mereka memperoleh kompensasi atas ketersediaan menjadi tempat penampungan sampah,” ujar Daddy saat gelar Reses di RW 07 Sumurwuni Kelurahan Argasunya, Selasa (3/3/20).
Politisi Partai Gerindra ini menilai, konsekuensi yang diterima warga sangat banyak mulai dari bau, limbah air sampah dan juga masalah kesehatan.
“Pelayanan kesehatan harus ada didekat sini, pelayanan pertama harus dilakukan. Jadi warga tak perlu jauh – jauh untuk berobat,” tegasnya.
Logika berpikir sederhana, lanjut dia,
ketika ada warga mau menampung sampah di daerahnya, harusnya punya empati untuk mereka.
“Masa sih hanya mau buang sampahnya doang. Kita yang nikmat, orang lain yang terima baunya. Siapa yang mau dengan kondisi itu?,” sebutnya.
Ia menambahkan, Partai Gerindra Kota Cirebon harus menjadi pelopor. Tunjukan hadir di masyarakat, perhatikan hal hal kebutuhan masyarakat yang memerlukan keadilan.
“Saya titip ke Fraksi Gerindra Kota Cirebon, dorong APBD untuk memberikan alokasi anggaran untuk kompensasi ini,” pesannya.
Yugiono salah satu warga Kelurahan Argasunya yang hadir dalam reses tersebut mengamini. Selama ini Pemda Kota Cirebon tidak memperhatikan masalah kesehatan warga disini.
“Kami disini merasakan bau tak sedap, belum lagi limbah air sampah yang sering bocor ke pemukiman warga menyebabkan gatal – gatal,” cetusnya. (Kris)