Polisi Gagalkan Penyelewengan Gas LPG Subsidi 3Kg

0
227

MEMPAWAH.- Jajaran Polsek Siantan berhasil menggagalkan upaya penyelewengan LPG subsidi 3 Kg di wilayah hukumnya, Selasa (11/8/20) sekitar pukul 17.45 WIB petang.

Sabanyak 114 tabung gas melon beserta dua pelaku diamankan petugas di dua lokasi berbeda.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, S.Ik, MH melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono SH, MH membenarkan keberhasilan jajaranya mengungkap penyelewengan tindak pidana Migas di wilayah hukum Polsek Siantan.

Rahmad mengatakan, pengungkapan itu berawal dari informasi masyarakat yang mencurigai adanya praktik penyelewengan LPG 3 kg dilingkungannya.

“Menindaklanjuti informasi tersebut, kami Unit Reskrim Polsek Siantan melakukan penyelidikan dan pengembangan dilapangan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Polisi mendapati mobil truk B 9620 PXY yang dikemudikan oleh SB melintas di Jalan Raya Desa Jungkat. Saat itu, SB sedang mengangkut 100 tabung LPG subsidi 3 kg.

“100 tabung LPG 3 kg ini merupakan kuota untuk masyarakat Kecamatan Jongkat. Namun, diselewengkan oleh pelaku SB yang diangkut dengan truk untuk dijual ke Kabupaten Sambas,” terang Kapolsek.

Dari praktik penyelewengan itu, lanjut Kapolsek, pelaku SB akan mendapatkan keuntungan. Pasalnya, SB membeli dari salah satu pemilik warung di Desa Jungkat seharga Rp 21 ribu/tabung. Kemudian akan dijual ke Sambas dengan harga Rp 25 ribu/tabung.

“SB mengaku membeli 100 tabung itu dari salah seorang pemilik warung di Desa Jungkat berinisial BH.Kami melakukan pengembangan dan mendatangi warung BH sekitar pukul 19.00 WIB. Di TKP ke-2 ini, kita mengamankan BH dan 14 tabung LPG 3 kg,” paparnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan UU Nomor 22 tentang Migas dengan ancaman pidana 6 tahun penjara. (Yulizar)