PLTU 1 Kanci Pastikan Tidak Ada Limbah Berbahaya ke Laut

0
235

INAPOS, JAKARTA,- Telah beredar video berdurasi 22 detik dengan situasi air laut yang berbusa seakan-akan bahwa air laut yang berlokasi di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 1 Kanci di Desa Kanci, Kabupaten Cirebon tercemar limbah buangan dari kegiatan PLTU 1 Kanci tersebut.

Berikut video

 

Namun ketika video ini ditanyakan kepada Head Of Communications PT. Cirebon Power, Yuda Panjaitan menyampaikan bahwa video tersebut kejadian lama. “Ooh. ini kejadian lama, waktu pembangkit sedang pemeliharaan dan tidak beroperasi,” jawab Yuda melalui pesan Whatsappnya Rabu (22/1/2020).

Selain itu, Yuda menyampaikan maaf pula kepada masyarakat atas beredarnya video tersebut dan berikut rilis yang redaksi terima.

Terkait video ini, perlu kami jelaskan bahwa:

1. Apa yg terlihat pada video ini kami pastikan bukan pembuangan limbah cair. Saat itu pembangkit sedang dalam kondisi tdk beroperasi, sehingga tidak memproduksi limbah apapun. Selama beroperasi, kami tidak pernah membuang limbah cair B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) ke perairan di sekitar pembangkit.

2. Yang terlihat pada video adalah proses ekstraksi air laut yang disirkulasikan kembali ke laut menggunakan pompa bertekanan tinggi, sehingga menimbulkan efek buih udara pada air, yang lalu hilang dalam waktu singkat. Kami memastikan air buangan yang terlihat adalah murni air laut yang tidak mengandung material apapun.

3. Kondisi ini sudah kami laporkan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon & Propinsi Jawa Barat, dan penjelasan kami sudah dapat dipahami. DLH juga sdh melakukan pemeriksaan di lapangan, dan mengakui bahwa air buangan pada video ini adalah air laut murni.

Mohon maaf bila tersebarnya video ini menimbulkan ketidaknyamanan, terima kasih..

Untuk menyikapi hal ini, redaksi mencoba meminta tanggapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edi Prabowo belum memberikan tanggapannya. (Cep’s)