Rabu, Juni 19, 2024

PLN Pilih Jalur Hukum Untuk Selesaikan Sengketa Lahan Gardu Induk Pemecutan Kelod

Date:

Share post:

INAPOS, BALI,-  Terkait aksi penyegelan terhadap kantor Gardu Induk Pemecutan Klod yang dilakukan ahli waris (alm) I Gusti Made Mentog, Sabtu (9/9/2019) pagi tadi. Pihak PLN (Persero) tetap menginginkan adanya solusi antara para pihak dengan mengambil porsi keakuratan data dan informasi di meja pengadilan.

Demikian dikemukakan oleh Assisten Manager Administrasi dan Umum PLN APP Bali, I Made Suantara, pihaknya cenderung menginginkan kasus ini di bawa ke ranah hukum agar terbukti siapa yang benar dalam kasus ini.

“Biarkan nanti pengadilan yang akan memutuskan. Jika benar bahwa dari segi hukum ini milik mereka dan kita kalah, pasti akan di ganti,” tuturnya saat ditemui seusai aksi penyegelan oleh Ahli waris (alm) I Gusti Made Mentog,

Menurutnya, PLN sudah melakukan proses sertifkasi di BPN. Dan sejak tahun 2008, pihak BPN telah melakukan penetapan areal yang saat ini digunakan oleh PLN.

“Ahli waris pernah memaksa kita untuk memperlihatkan bukti dari proses sertifikasi kami. Tapi karena itu rahasia negara, kami tidak bisa memperlihatkannya. Kecuali ada perintah dari pengadilan untuk mengeluarkan, baru bisa kita keluarkan,” kata Suantara.

Terkait dengan pernyataan pihak ahli waris yang mengaku telah membayar pajak kepemilikan tanah sejak tahun 1995, Suantara justru mengatakan bahwa pajak yang di bayar tidak sesuai dengan obyek dimaksud.

“Kalau boleh saya bertanya lagi, apa yang di bayar itu SPPT kepemilikan, yang ditunjukkan mereka pada saat pertemuan adalah SPPT adalah gambar-gambar dari Dispenda yang di ukur sendiri, dan disahkan oleh Dispenda, itu yang saya lihat,” ucap Suantara.

Sementara itu, beberapa saat setelah penyegelan aparat kepolisian dari Polsek Denpasar Barat terjun ke lokasi. Tidak mau terjadi hal-hal yang dianggap merugikan banyak pihak, Kapolsek Denpasar Barat Kompol Gede Sumena langsung memerintahkan untuk membuka gembok. (hd)

spot_img

Related articles

Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Metro Jaya Gelar Olahraga Bersama Forkopimda

JAKARTA.- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.I.K. pimpin Upacara Pembukaan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024...

Pertamina RU VI Balongan Tebar 132 Hewan Kurban, Bantu Masyarakat Sekitar Merayakan Iduladha

BALONGAN.- Dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 H, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali...

Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp 22 Miliar di Jakarta Barat

JAKARTA.- Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat pengedar uang palsu dengan barang bukti senilai Rp 22 miliar di...

Rutan Cirebon Rayakan Iduladha 1445 H dengan Berbagai Kegiatan dan Pembagian Daging Kurban

KOTA CIREBON.- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon melaksanakan perayaan Idul Adha 1445 H pada 10 Zulhijah...