Pemda Kota Cirebon Dukung Adanya Jabatan Fungsional

0
135

KOTA CIREBON.- Pengembangan pola karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak hanya pada jabatan struktural, Pemerintah Daerah Kota Cirebon sangat mendukung adanya jabatan fungsional.

 

Hal tersebut diungkapkan Pj Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi, M.Si, pada acara pelantikan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Senin, 27 Agustus 2018.

“Saat ini pengembangan pola karier PNS tidak harus pada jabatan struktural saja,” ungkap Asep. Namun juga pada jabatan fungsional. Karena jabatan fungsional ini memiliki sejumlah kegiatan yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan secara spesifik sesuai dengan peran, fungsi dan jabatannya.

“Karena itu, pemerintah Daerah Kota Cirebon sangat mendukung adanya jabatan fungsional ini,” kata Asep.

Terlebih, PNS yang menduduki jabatan fungsional memang PNS yang memiliki keahlian tertentu di bidangnya masing-masing. Karena itu Asep berharap agar mereka yang hari ini diambil sumpahnya mampu mengemban amanah, mengembangkan kompetensi dan produktivitas yang tinggi, berintegrasi serta selalu berinovasi dengan mengedepankan kualitas pelayanan kepada publik.

Mengenai pengambilan sumpah yang dilakukan untuk 7 orang pejabat fungsional kali ini dikarenakan adanya peraturan pemerintah No 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No 7 tahun 2017 tentang Tata Cara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Administrator, Jabatan Pengawas, Jabatan Fungsional serta Jabatan Pimpinan Tinggi.

“Disebutkan jika PNS yang diangkat menjadi pejabat fungsional harus diambil sumpahnya sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing,” kata Asep. Kondisi ini berbeda dengan sebelumnya dimana pejabat fungsional memang tidak perlu diambil sumpahnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Cirebon, H. Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si., mengungkapkan jika hari ini sebanyak 7 orang PNS dilantik dalam jabatan fungsional tertentu.

“Ini jabatan khusus yang ada di Pemerintah Daerah Kota Cirebon,” kata Anwar. Mereka diantaranya ditempatkan di inspektorat, Dinas Pendidikan serta rumah sakit. (Kris)


Komentar Anda?