Pilkades Tanjung Baru Berpotensi Lonjakan Kasus Covid-19

0
182

BEKASI.- Kerumunan massa yang mengantar pendaftaran salah satu bakal calon Kepala Desa Tanjung Baru, nampaknya diiringi dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Kepala UPTD Puskesmas Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Ajat Jatnika SKM, mengatakan, ia sudah mengetahui adanya kerumunan massa pengantar Calon Kepala Desa incumbent saat mendaftar Calon Kepala Desa Tanjung Baru periode 2021 – 2027.

“Padahal kita sudah menyarankan agar tidak ada kerumunan massa dan wajib menerapkan 3 M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak),” ucapnya kepada Inapos, Kamis (25/2/21).

Sebab itu, ia menegaskan agar bidan desa melakukan pemantauan. Apabila setelah terjadi kerumunan massa terdapat warga yang mengalami gejala Covid-19 secepatnya dilakukan swab antigen.

Lanjutnya, sejak tanggal 21 hingga 25 Februari 2021 jumlah pasien Covid-19 di empat desa, yakni Desa Cipayung, Hegarmanah, Tanjung Baru, Labansari meningkat tajam.

“Beberapa hari belakangan ini pasien Covid-19 bertambah banyak, pada tanggal 21 sebanyak 43 pasien, tanggal 22 sebanyak 43 pasien dan melonjak di tanggal 23 hingga 52 pasien,” terang Ajat.

Desa Tanjung Baru disebutnya sebagai desa yang mengalami penambahan pasien Covid-19 tertinggi. Dalam kurun waktu beberapa hari ini, pasien Covid-19 bertambah hingga 4 pasien dengan total 19 pasien.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Panitia Pilkades Tanjung Baru, Ahmad Taminudin membenarkan video terjadinya kerumunan massa pendukung Calon Kepala Desa incumbent, Dudu Sumbali saat hendak mendaftarkan diri dan beredar viral di masyarakat.

“Terkait pelanggaran Prokes itu di luar wewenang kami, hal tersebut sudah ada yang melaporkan dan informasi akan dipanggil pihak Polres Metro Bekasi,” terangnya saat dikonfirmasi awak media, Rabu (24/02/2021).

Perlu diketahui, Tahun 2021 Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan menggelar Pesta Demokrasi pada sembilan desa. Salah satunya adalah Desa Tanjung Baru. Pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa dimulai pada tanggal 15-20 Februari 2021.

Aturan protokol kesehatan (Prokes) diterapkan demi mencegah penyebaran Virus Covid-19. Selain itu, sebelumnya Kabupaten Bekasi sudah menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bahkan, Kapolri sudah mengeluarkan surat telegram tentang Protokol Kesehatan Covid 19, surat telegram bernomor ST/3220/XI/KES.7./2020 tertanggal 16 November 2020. Salah satu isi surat itu adalah, agar jajaran kepolisian menegakkan hukum tanpa pandang bulu terhadap pelanggar Prokes yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. (Fery)