Pilkada Malut, Dua Bersaudara Semakin Panas

0
286

TERNATE, Meskipun sudah memasuki tahapan kampanye Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) yang bertarung 23 Juli 2018 yang akan datang, nampaknya masih saja lawan politik mencari cara untuk mencegah sang petahana Abdul Gani Kasuba (AGK) yang berpasangan dengan M Ali Yasin (AY) untuk maju bertarung Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Malut.Berbagai cara yang dilakukan oleh tim Paslon seperti adik kandung sang petahana sendiri yakni Muhammad Kasuba yang berpasangan dengan Abdul Majid Husen (MK-MAJHU) bahkan tim Paslon Burhan Abdurahman dan Djamaludin Ishak (BUR-JADI) dengan pengaduan yakni keputusan KPUD meloloskan AGK-YA

Pengaduan gugatan ini pun sudah diterima oleh Badan Penngawasan Pemilu (Bawaslu) Malut dan sudah dilakukan langkah-langkah hukum akan tetapi Bawaslu telah mengembalikan gugatan yang dilayangkan oleh Paslon MK-MAJHU sebab tidak memenuhi syarat formil dan materil. Mesikpun demikian, sang adik rupanya tak mau berdiam diri untuk menghadapi proses gugatan ini, rupanya masih ada langkah hukum yang lain yakni melakukan kasasi ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT-TUN).

Muhammad Kasuba Saat saat dikofirmasi Sabtu (24/2/2018) mengatakan bahwa walaupun Bawaslu Malut mengembalikan dokumen gugatan yang dilayangkan akan tetapi proses gugatan ini tidak berhenti begitu saja, masih ada tahapan proses selanjutnya yakni gugatan ini akan di bawa ke PT-TUN.

“ Seharusnya Bawaslu melakukan persidangan dulu sebelum mengembalikan dokumen gugatan, jangan Bawaslu secara serta merta mengembalikan dokumen gugatan tanpa ada persidangan
Lanjut dia, langkah-langkah persiapan sudah menempuh PT-TUN sudah dikaji dan dianalisa oleh tim hukum Paslon MK-MAJHU. Apalagi perlakuan Bawaslu Malut yang semena-mena menolak begitu saja tanpa mendasari fakta-fakta yang disesuaikan.tandasnya. (Min)