Rabu, Juni 19, 2024

PIKA Merasa Dirugikan KPU

Date:

Share post:

Inapos, Jakarta.- Partai Indonesia Kerja (PIKA) menemukan fakta ketidakberesan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ada satu langkah-langkah KPU yang membuat PIKA merasa dirugikan secara administrasi.

“Kami temukan fakta bahwa ada ketidakberesan yang dilakukan oleh KPU dan itu membuat PIKA dirugikan secara administrasi,” kata Kuasa Hukum PIKA, Eri Zon Subara Tanjung usai persidangan di Gedung Bawaslu, Kamis (09/11/17).

Dia membeberkan, selama persidangan, saksi fakta menguraikan secara jelas. Kemudian KPU bertanya kepada saksi dari PIKA. “Tapi saksi bisa menjawab secara terang benderang, bahwa pelanggaran itu memang terjadi pada saat pendaftaran tanggal 16 dan 17 Oktober mengenai data-data yang ada di KPU,” tutur Eri Zon.

Dia melanjutkan, bahwa dalam UU tidak diatur tentang Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), “sekarang tinggal Bawaslu melihat lagi, kita kan sidang, kita mencari keadilan. Kita telah mendapatkan satu fakta hukum bahwa Sipol itu merusak sistem yang lain, otomatis harus dihapuskan” pungkasnya.

Secara hukum, PIKA meminta untuk mendapat kepastian hukum. Dalam hal ini Bawaslu, sebagai pengawas Pemilu harus juga melihat bahwasannya PIKA yang telah melakukan semua pendaftaran sesuai dengan prosedur. Nah, langkah Bawaslu adalah menerima PIKA menjadi peserta pemilu dan saya yakin PIKA bakal lolos menjadi peserta pemilu 2019 mendatang,” terangnya. (Elwan)

spot_img

Related articles

Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Metro Jaya Gelar Olahraga Bersama Forkopimda

JAKARTA.- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.I.K. pimpin Upacara Pembukaan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024...

Pertamina RU VI Balongan Tebar 132 Hewan Kurban, Bantu Masyarakat Sekitar Merayakan Iduladha

BALONGAN.- Dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 H, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali...

Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp 22 Miliar di Jakarta Barat

JAKARTA.- Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat pengedar uang palsu dengan barang bukti senilai Rp 22 miliar di...

Rutan Cirebon Rayakan Iduladha 1445 H dengan Berbagai Kegiatan dan Pembagian Daging Kurban

KOTA CIREBON.- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon melaksanakan perayaan Idul Adha 1445 H pada 10 Zulhijah...