Peserta Habitat Charity Run Wujudkan Rumah Layak Huni

0
87

Jakarta.- Habitat for Humanity Indonesia mengajak keluarga dan generasi muda untuk lari bersama sebagai bentuk keterlibatan dalam mewujudkan rumah layak huni bagi keluarga yang berpenghasilan rendah lewat Habitat Charity Run.

Kegiatan yang berlangsung di Ragunan sukses terlaksana dengan memperoleh dukungan dari berbagai pelari profesional, orang muda, serta keluarga-keluarga di Jakarta dan sekitarnya. Habitat Indonesia terus berupaya untuk membantu generasi penerus hidup lebih sejahtera mengetahui hampir 20 persen dari total 64,1 juta keluarga di Indonesia tinggal di rumah tak layak huni sehingga generasi rentan alami malnutrisi.

“Kami bersyukur bahwa Habitat Charity Run pertama kami sukses terlaksana dan banyak kalangan yang mau turut mendukung, sehingga keluarga berpenghasilan rendah, khususnya di Mauk-Tangerang dapat segera memiliki rumah layak huni yang lebih sehat. Kecamatan Mauk menghadapi banyak permasalahan, termasuk kesehatan. Salah satunya generasi penerus alami malnutrisi yang imbasnya akan sangat kompleks di masa depan apabila tidak ditangani segera,” jelas Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, dalam siaran persnya, Minggu (25/8/2019).

Donasi yang diperoleh dari Habitat Charity Run akan disalurkan ke Kecamatan Mauk, Tangerang dengan realisasi pembangunan rumah akan dilakukan pada 26 Oktober tahun ini dalam kegiatan 28uild (dibaca: to build) sebagai puncak dari gerakan orang muda Indonesia membangun bangsa yang juga sebagai peringatan Hari Sumpah Pemuda. Berbagai komunitas lari turut bergabung dalam Habitat Charity Run yakni Indorunners, Ikatan Marshal Idonesia, Jakbrunners, Central Park (CP) Runners, serta Fakerunners (FR), serta komunitas lari lainnya.

Goodwill Ambassador Habitat for Humanity Indonesia, Daniel Mananta yang turut lari dalam Habitat Charity Run dengan jarak 10 K juga menyampaikan bahwa pengalamannya bergerak bersama Habitat Indonesia dalam mewujudkan tempat tinggal yang aman dan nyaman serta terjangkau sangat berdampak bagi keluarga berpenghasilan rendah yang membutuhkan.

“Saya bergerak bersama Habitat Indonesia sudah lebih dari dua tahun dan saya setuju bahwa rumah merupakan inti dari kehidupan dengan berbagai aktivitas. Rumah dengan kondisi baik akan mendukung penghuninya hidup lebih baik. Senang juga dengan Habitat Charity Run yang diadakan pertama kalinya tahun ini, karena semakin banyak orang yang tahu mengenai kondisi masyarakat dan semakin banyak orang terlibat. Melalui Habitat Charity Run, saya juga ingin mengajak banyak orang untuk memahami pentingnya hidup sehat dan berbagi,” tutur Daniel.

Setiap 1 KM yang dicapai peserta dalam Habitat Charity Run, menyumbang Rp 20.000,- pada pembangunan rumah layak huni sehingga setiap peserta yang turut berlari telah menjadi bagian dari rumah yang akan mendukung generasi penerus hidup lebih baik, jauh dari malnutrisi. Oleh karena itu, pada kegiatan Habitat Charity Run ini, Habitat Indonesia juga mengadakan kompetisi lari khusus anak di bawah usia 10 tahun serta beberapa kegiatan olahraga lainnya yang didukung SuperTots. Disamping itu, banyak juga pihak yang turut menjadi bagian dari rumah yang akan dibangun, seperti para sponsor yang mendukung yakni Fiber Crème, MPM Distributor, Cikarang Listrindo Energy, Prolight Indonesia, dan Prudential Indonesia.

“Seru bisa lari sambil berbagi di Habitat Charity Run. Berlari dengan misi memang berbeda rasanya karena ada nilai yang diperjuangan, yakni nilai kemanusiaan dengan membantu sesama yang membutuhkan rumah layak huni. Saya sangat mengapresiasi peserta yang turut berlari hari ini, baik keluarga maupun pelari profesional karena mau memperjuangkan sesama. Semoga semakin banyak orang yang terlibat dalam mewujudkan rumah layak huni bersama Habitat Indonesia dan berani membangun Indonesia,” tutur Olivia Jensen selaku Habitat Icon.

Habitat Indonesia percaya bahwa setiap keluarga berhak menikmati momen bahagia dengan berkegiatan bersama dan hidup sejahtera. Habitat Indonesia berharap bersama-sama membantu keluarga yang memerlukan untuk memiliki rumah layak huni dan sehat sehingga kehidupan berjalan dengan lebih baik. (Elwan)


Komentar Anda?