Perjuangkan Transparansi, PSI Panen Dukungan

0
1734

Jakarta.- Grace Natalie dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendapat dukungan penuh Transforming Indonesia Movement (TIM) dalam mendorong kader-kadernya di DPRD DKI maupun daerah lainnya untuk mengajak Pemerintah setempat transparan dalam melakukan perencanaan anggaran belanja daerah. Ketua Umum TIM Ronald Tampubolon mengatakan, pihaknya berharap masyarakat mendapatkan haknya mengetahui pengelolaan dan penganggaran yang dananya diambil dari pajak yang mereka bayar.

Ronald berpendapat, “Transparansi bujet itu penting sekali supaya tidak tampak seperti anggaran hanya dibuat dan diketahui oleh pihak eksekutif dan legislatif saja. Masyarakat luas perlu tahu juga. Itu uang mereka kok. Kita berharap agar RAPBD dari pengalokasian, pembahasan hingga penetapan dipublikasikan di media sosial atau website Pemprov DKI,” kata Ronald di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

“Zaman itu bergerak cepat ya, perkembangan globalisasi dan reformasi di segala bidang termasuk pemerintahan juga membawa konsekuensi logis pada tuntutan pelaksanaan pemerintahan yang akuntabel dan transparan, apalagi banyak anggota masyarakat yang semakin kritis dan paham terhadap tata kelola pemerintahan,” imbuh Ronald.

Bergerak dari semangat transparansi ini, Ronald pun mengungkapkan perlunya transparansi di setiap daerah dan mendorong orang-orang berintegritas memimpin daerah-daerah di seluruh tanah air. Ia mendesak kader-kader PSI agar maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

PSI di Pilkada

Untuk mencari orang-orang berintegritas, Ronald melihat PSI melakukan sistem yang tepat dalam perekrutan kader dan calon Kepala Daerah, mulai dari politik tanpa mahar, uji kompetensi, dan cek rekam jejak, sehingga proses itu memungkinkan orang terbaik yang akan tersaring sebagai calon Kepala Daerah.

“Kami berdoa agar Tuhan berikan hikmat, kekuatan dan kesehatan bagi Sis Grace Natalie dan para pengurus DPP, DPW, DPD, dan DPC PSI. Doa kami agar Sis Grace Natalie tetap menjadi pemimpin yang membela ketidak-adilan, mencari kader-kader berkualitas dan mendorong kader-kader yang berintegritas berlaga di Pilkada,” kata Ketua TIM.

Terkait para kader yang dikabarkan akan maju ke Pilkada, seperti Rian Ernest, Dhimas Anugrah, M. Gorbachev Dom, Yurgen Alifia Sutarno, dan Azmi Abubakar, Ronald mengaku nama-nama itu layak dipehitungkan dan didukung.

“Bro Rian untuk Batam, Bro Dhimas untuk Surabaya, Bro Gorba, Bro Kokok, atau Bro Azmi untuk Tangsel, dan Bro Yurgen untuk Depok. Kami berdoa mereka bisa maju dalam Pilkada setempat dan menang,” ujar Ronald.

Ia menambahkan, “Sekalipun di Batam PSI tak mendapat kesempatan mengusung kadernya sendiri, tapi Bro Rian bisa maju sebagai calon dari jalur independen. Semoga semua persyaratan untuk maju sebagai calon independen bisa segera dipenuhi oleh Bro Rian. Dia orang muda yang kapabel dan bersih. Selama membantu Gubernur BTP di Jakarta waktu lalu, Bro Rian ekselen mengemban tugasnya. Saya pikir Batam membutuhkan figur seperti dia.”

Ronald menyatakan pihaknya berharap para kader PSI yang terbaik ini bisa maju dan menang dalam Pilkada, agar pemerintahan yang transparan dapat terwujud-nyatakan.

“Di Surabaya contohnya, kota itu sangat besar dan sudah menjadi salah satu kota percontohan di Indonesia. Kota ini sudah bagus sejak dipimpin Bu Risma, kami dorong kader PSI yaitu Bro Dhimas meneruskan kepemimpinan Bu Risma demi kota Surabaya yang lebih maju dan sejahtera. Sudah waktunya kita memilih pemimpin yang berintegritas. Saya pikir Bro Dhimas alternatif yang menjanjikan,” kata Ronald.

“Di Depok ada Bro Yurgen yang bisa maju, pula di Tangsel ada Bro Gorba dan Bro Azmi bisa jadi alternatif terbaik. Belum lagi Bro Kokok Dirgantoro yang sangat layak diperhitungkan. Orang-orang ini kami nilai memiliki integritas dan semangat transparansi yang tinggi,” tutup Ronald.