Peringati 10 Muharram, Suyogo Gelar Doa Bersama Masyarakat

0
96

KOTA CIREBON.- Ratusan masyarakat antusias mengikuti acara peringatan 10 Muharram 1440 H yang digelar dikediaman Anggota DPRD Kota Cirebon Fraksi Bangkit Persatuan Suyogo, di RW 003 Pamitran, Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Rabu (19/9) malam.

 

Peringatan 10 Muharram atau Hari Syura tersebut di isi dengan membacakan lantunan zikir dan do’a agar mendapat syafa’at, kelancaran dan kesuksesan di dunia dan akherat.

Anggota DPRD Kota Cirebon Suyogo mengungkapkan,  Peringatan Hari Syura tersebut merupakan kegiatan rutin yang biasa yang dilaksanakan tiap tahun di rumahnya.

“Alhamdulillah sebelum saya jadi Anggota DPRD, acara seperti ini saya lakukan secara rutin dengan jama’ah,” ujar Suyogo yang juga Ketua DPC PKB Kota Cirebon usai acara betlangsung.

Masih kata Suyogo, menurutnya pada tanggal 10 Muharram dalam sejarah tercatat banyak kejadian luar biasa dan banyak keutamaan yang harus kita ambil.

“Tanggal 10 Muharram banyak kejadian luar biasa, makanya ada doa khususnya. Tanggal yang harus dihormati, makanya banyak doa-doa. Dan ini banyak kejadian Para Nabi,” ungkap Suyogo

Suyogo berharap masyarakat mendapatkan banyak limpahan keberkahan “Saya berharap dengan doa ini kan masyarakat dan sekitarnya mendapatkan keberkahan, kejayaan, dan keselamatan serta dimudahkan rezekinya,” ujarnya.

Tak hanya memimpin doa, Suyogo juga merangkai acara dengan mengakhiri kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Menurut Suyogo, acara bakti sosial tersebut sesuai dengan arahan dan instruksi dari pengurus DPW PKB Jawa Barat.

“Ini semua pakai dana pribadi. Sebelum menjadi anggota dewan sudah sering mengadakan kegiatan ini. Dan saya sendiri yang memimpin doa. Kegiatan

Peringati Bulan Muharom, Anggota Dewan PKB Cirebon Santuni Anak Yatim Dan Pimpin Doa Bersama.

Ratusan masyarakat mengikuti acara peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharom 1440 H. Masyarakat tampak gembira dan antusias mengikuti peringatan Tahun Baru Islam.

Suasana relijius sangat ketara mewarnai dan mendominasi acara peringatan Tahun Baru Islam yang digelar di kediaman Anggota DPRD Kota Cirebon dari Fraksi Bangkit Persatuan Suyogo itu, tepatnya di RW 003 Kelurahan Kejaksan Kota Cirebon.

Kondisi sunyi di malam hari membuat masyarakat begitu khusuk saat menghayati dan membacakan lantunan do’a-do’a dan dzikir. Terlebih, lantunan do’a dan dzikir dipimpin langsung Tokoh Agama yang kini mendapat amanat masyarakat untuk duduk sebagai Perwakilan Rakyat di DPRD Kota Cirebon, Suyogo.

Suyogo yang juga Ketua DPC PKB Kota Cirebon mengemukakan, Peringatan Tahun Baru Islam merupakan kegiatan rutin yang biasa yang dilaksanakan tiap tahun di rumahnya.

Peringatan Tahun Baru Islam, jelas Ia, sebagai sarana meningkatkan kembali jalinan shillaturahmi sesama umat Islam. Dengan kegiatan ini pula, diharapkan menambah ghiroh dan membangkitkan kembali semangat dakwah Islam.

Menurutnya, dalam sejarah tercatat banyak kejadian luar biasa yang terjadi di bulan Muharom, khususnya di tanggal 10 Muharom.

“Di dalam tanggal 10 Muharom ada kejadian luar biasa, makanya ada doa khususnya. Tanggal yang harus dihormati, makanya banyak doa-doa. Dan ini banyak kejadian Para Nabi,” ungkap Suyogo, Rabu (19/9) malam.

Selain, menjalin shillaturahmi dan mengajak masyarakat muslim untuk memperbanyak doa di tanggal 10 Muharom, Suyogo pun berharap masyarakat mendapat limpahan keberkahan dan keselamatan.

“Saya berharap dengan doa ini kan masyarakat dan sekitarnya mendapatkan keberkahan, kejayaan, dan keselamatan serta dimudahkan rezekinya,” ujarnya.

Tak hanya memimpin doa, Suyogo juga merangkai acara dengan mengakhiri kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Menurut Suyogo, acara bakti sosial tersebut sesuai dengan arahan dan instruksi dari pengurus DPW PKB Jawa Barat.

“Ini semua pakai dana pribadi. Sebelum menjadi anggota dewan sudah sering mengadakan kegiatan ini. Dan saya sendiri yang memimpin doa. Kegiatan ini pun menjadi program tahunan DPW PKB Jawa Barat,” papar Suyogo.

Sebelumnya, Ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda, melalui Sekretaris DPW PKB HM Sidkon Djampi kepada wartawan mengatakan, Muharram adalah bulan tarbiyah, bulan sakral dan satu di antara empat bulan yang Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk menghormatinya.

Guna memperingati 10 Muharram tersebut, atas dasar arahan Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, menginstruksikan kepada seluruh DPC PKB se-Jawa Barat mengadakan santunan secara serentak.

“Muharam menjadi sakral dan membumi di Nusantara karena memiliki landasan ayat-ayat Al-Qur’an, sebagaimana termaktub dalam firman Allah Surat At Taubah Ayat 36,” demikian Sekretaris DPW PKB Jawa Barat HM. Sidkon Djampi.

Usai kegiatan, jama’ah pengajian mendapatkan santunan sosial berupa pambagian sembako dan santunan bagi anak-anak yatim piatu. Kegiatan mendapat pengamanan dari Aparat, baik Babinsa Kelurahan Kejaksan Kecamatan Kejaksan Nurdin maupun Babinkamtibmas Joko Purnomo. Serta dihadiri pula Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon yang juga Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon, Yuningsih. (Kris)


Komentar Anda?