Perhapi Nilai Ada Persekongkolan DLH dan Harita Group

0
210

INAPOS, TERNATE – Perhimpunan Ahli Pertambagan Indonesia (PERHAPI) Maluku Utara (Malut) menganggap sikap Dinas Lingkungan Hidup dalam memfasilitasi sidang ANDAL PT. Trimega Bangun Persada yang merupakan sub perusahan Harita Group telah menyalahi prosedur.

” Seharusnya sebelum sidang ANDAL dilakukan, harus ada konsultasi publik, tetapi yag terjadi mala sidang duluan baru ada scedulle konsultasi publik. Ini yang menurut Perhapi menyalahi prosedur ANDAl ” Ujar Sekertaris Perhapi, Almun Madi kepada wartawan Selasa (24/12/2019).

Menurut Almun yang juga sebagai Akademisi Unkhair mengatakan Dalam proses sidang juga sangat dipaksakan tendensius dan penuh dngan persengkongkolan antara pihak perusahan dengan DLH, karena keluahan masyarakat pada wilayah terdampak tidak dilibatkan.

” jika keluhan itu benar, maka DLH dinilai melakukan kesalahan besar. Sebab dalam proses pengkajian Andal, masyarakat di wilayah terdampak tidak dilibatkan. Jadi wajar jika ada penolakan dari masyarakat terdampak, ” Pungkasnya.

Lanjut dia, dalam proses ini pihak terkait harus mempertimbangkam aspirasi masyarakat terdampak dan jangan mengenyampingkan aspirasi masyarakat
maka sudah seharusnya pemerintah dalam hal ini DLH wajib menunda sidang andalnya dan wajib memfasilitasi bukan menjdi tameng perusahan (min)