Performa Samsung Galaxy Note20 Ultra

0
74

Samsung Galaxy Note20 Ultra mengusung chipset Exynos 990, sama seperti pada Galaxy S20. Namun pada Galaxy Note20 Ultra memiliki Octa-core (7 nm), ini digadang yang paling canggih sehingga telah ada peningkatan dari Galaxy S20. Harusnya secara performa mampu lebih ngebut dibanding Galaxy S20.

Dalam hal ini kami menggunakan perangkat berkapasitas RAM 8GB LPDDR5. RAM ini diklaim mampu menghemat daya dan memiliki kecepatan transfer data hingga 6,4 Gbit per pin.

Perangkat ini turut dibekali pula dengan memori internal berukuran 256GB dengan UFS 3.0. Kelebihan teknologi ini mampu menyimpan dan membuka data menjadi lebih cepat serta proses membaca dan menulis juga terasa sangat cepat. Jadi secara software Note20 Ultra lebih baik dua kali lipat dibanding Galaxy S20.

Performa Nge-game di Samsung Galaxy Note20 Ultra

Saya telah melakukan uji coba dengan game PUBG dan Mobile Legend. Pengalaman bermain game di perangkat ini terasa sangat lancar dan tanpa hambatan. Perangkat ini bisa berjalan dengan pengaturan grafis Ultra. Sehingga bermain game terasa ringan karena sentuhan jari cepat direspon ketika nge-game.

Kita juga bisa menikmati pengalaman berbeda bermain game di perangkat ini. Berkat layar refresh rate 120 Hz, ini memiliki respon sentuh yang sangat tinggi dan mampu menghadirkan gerakan yang super halus. Sehingga aktivitas nge-game terasa sempurna.

Perangkat ini juga didukung aplikasi Game Launcher dan AI Game Booster. Berkat aplikasi Game Launcher, kita bisa mengatur Silent Mode untuk menonaktifkan notifikasi pesan dan memblokir telepon masuk sehingga aktivitas nge-game tidak terganggu.

Sedangkan AI Game Booster merupakan fitur Touch Response Galaxy Note20 Ultra yang cepat sehingga memberikan pengalaman gaming yang seru karena tidak ada delay sama sekali. AI Game Booster juga mampu mengatur frame rate terbaik ketika bermain, sehingga pengguna tidak akan mengalami frame drop yang bisa mengurangi pengalaman gaming.

Yang menarik lagi, game bisa terhubung langsung dengan platform Discord yang bisa digunakan untuk mabar (main bareng) dengan teman-teman.

Namun yang mengganggu ketika nge-game adalah posisi speaker yang kurang pas. Saat digunakan dalam posisi landscape, speaker akan tertutup sehingga suara yang dihasilkan kurang menggelegar. Agar aktivitas nge-game terasa sempurna, sebaiknya posisi ponsel dibalik dengan posisi speaker di tangan kiri sehingga speaker akan berada diatas dan tidak tertutup jari.

Performa Baterai

Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki baterai tipe Li-Ion berkapasitas lebih besar mencapai 4.500 mAh yang didukung dengan teknologi AI agar daya baterai bisa lebih hemat.

Perangkat ini juga didukung fitur fast charging 25W, mendukung pengisian cepat 50% dalam 30 menit. Ditambah, smartphone ini telah mengusung teknologi fast wireless charging dan reverse wireless charging 9W.

Dibanding dengan Galaxy S20 series, kapasitas baterai Galaxy Note20 Ultra tentu lebih kecil. Pada Galaxy S20 baterai lebih tahan lama dan memiliki daya pengecasan 45W. Ini mungkin dikarenakan desain Galaxy Note20 Ultra yang lebih tipis sehingga dimensi baterai harus diperkecil. Hal inilah yang menghasilkan kapasitas baterai yang lebih kecil pula.

Namun untuk penggunaan ringan sehari-hari seperti penggunaan kamera dan sosial media, Galaxy Note20 Ultra mampu bertahan seharian. Sedangkan jika digunakan secara intensif perangkat ini hanya mampu bertahan sekitar 9 jam saja. Dan jika tidak ada penggunaan sama sekali perangkat ini mampu bertahan berhari-hari meskipun dalam keadaan On.

Performa S-Pen

S Pen Galaxy Note20 Ultra memiliki kemampuan dengan angka latensi/ jeda waktu ketika menulis menjadi 9 ms, sedangkan generasi S Pen sebelumnya yang mencapai hingga 42 ms.

Tentu ini adalah peningkatan yang berkali-kali lipat. Hal ini membuat S Pen Galaxy Note20 Ultra lebih responsif dan lebih cepat ketika menulis. Akan terdengar pula suara seperti goresan diatas kertas, sehingga menulis pada perangkat ini benar-benar terasa menulis pada kertas sesungguhnya.

Samsung juga berinovasi dengan fitur terbarunya yakni S Notes yang berkolaborasi dengan S Pen, ini mampu mengubah tulisan tangan ke teks, screen-off memo untuk pintasan catatan, dan mengonversi file menjadi format PPT, word, serta PDF.

Selain itu bisa juga digunakan untuk membuat folder, sinkronisasi otomatis, serta Audio Bookmark. Fitur Folder dan Auto Synchronize Samsung Notes kini menyediakan fitur Folder yang bisa digunakan untuk merapikan catatan.

Sedangkan Audio Bookmark berguna untuk mensinkronisasikan perekaman audio dengan catatan yang pengguna buat. Jadi perangkat ini akan melakukan perekaman audio otomatis, saat kamu melakukan pencatatan di aplikasi Samsung Notes.