Perda No.6/2016 Resmi Dicabut

0
134
KOTA CIREBON.- Perda No. 6 tahun 2014 tentang Izin Gangguan secara resmi telah dicabut oleh pemerintah Kota Cirebon melalui sidang paripurna yang digelar di gedung DPRD Kota Cirebon, jl. Siliwangi no. 109 Kejaksan, kamis (8/2).

Pencabutan tersebut dikarenakan adanya surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri untuk mencabut Perda tersebut dengan tujuan mempermudah masuknya iklim investasi.
Dengan dicabutnya perda izin gangguan tersebut secara otomatis akan mengurangi pendapatan asli daerah, akan tetapi pemerintah Kota Cirebon akan menggenjot pendapatan asli daerah dari sektor lainnya.
“Kalau jumlah pastinya saya kurang tahu, tapi cukup lumayan pendapatan yang dihasilkan dari izin gangguan tersebut. Kami akan memaksimalkan pendapatan dari sektor pajak restoran dan hotel,” ungkap Aziz usai sidang paripurna.
Saat disinggung mengenai pengawasan terhadap bangunan yang baru dibangun, Azis menuturkan masih bisa dilakukan melalui Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Prinsip serta  Izin Lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup. Melalui ketiga izin tersebut, Pemerintah Daerah Kota Cirebon bisa mengawasi setiap bangunan yang didirikan.
“kami meminta peran serta masyarakat, dan untuk tidak segan-segan melapor jika ditemukan adanya bangunan yang menyalahi aturan maupun dinilai merugikan masyarakat,” tutur Aziz.
Perlu diketahui, semua fraksi yang ada di DPRD Kota Cirebon menyetujui dicabutnya Perda No 6 tahun 2014 tentang Izin Gangguan. Namun sejumlah fraksi memberikan catatan diantaranya untuk pengawasan yang dilakukan pasca perda tersebut dicabut. (Ali)


Komentar Anda?