Perayaan Cap Go Meh Bakal Menampilkan Cosplay Ikon Tionghoa

0
231
KOTA CIREBON.- Perayaan Cap Go Meh di Vihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon pada Sabtu (8/2/20) mendatang bakal dimeriahkan penampilan dari Cosplay – cosplay ikon Tionghoa.

Biasanya perayaan Cap Go Meh hanya menampilkan arak-arakan Joli atau tandu para dewa dewi, serta atraksi dari Barong Sai dan Naga Liong, maka akan ada hal yang berbeda dari perayaan Cap Go Meh di Vihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon tahun 2020 ini, yakni adanya atraksi dari cosplay-cosplay ikon Tionghoa.
Koordinator Karnaval Cap Go Meh Vihara Dewi Welas Asih, Indra Liem mengatakan, perayaan  Cap Go Meh tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, pihaknya akan menampilkan 19 Cosplay-cosplay yang menunjukkan ikon Tionghoa yang diperankan 19 orang dari dua komunitas dan sekolah.
“Kami akan menampilkan Cosplay dari komunitas Liang Yue Culture dan Sekolah Minggu Buddhis Asoka Mandala dari TK SD Sari Putra,” jelansya saat ditemui di Vihara Dewi Welas Asih, Kamis (6/2/20).
Ia menyebut, komunitas Liang Yue Culutre ada 13 cosplay yang berdiri di atas 2 mobil. Mereka menampilkan cosplay dari 8 dewa, satu Dewi Kwan Im, dan 4 murid Dewi Kwan Im. Sedangkan dari Sekolah Minggu Buddhis Asoka Mandala memerankan 6 cosplay yang terdiri dari Tong Sam Cong dan murid-muridnya, salah satunya adalah Sun Go Kong.
“Enam cosplay ini diperankan oleh anak-anak, dan mereka tidak naik mobil melainkan berjalan. Tujuannya agar bisa berbaur dengan masyarakat yang menyaksikan perayaan Cap Go Meh,” tuturnya.
Indra menambahkan, kehadiran para cosplay di perayaaan Cap Go Meh ini merupakan angin segar bagi masyarakat yang ingin menyaksikan karnaval. Sebelumnya, sudah ada cosplay-cosplay dalam perayaan Cap Go Meh di Vihara Dewi Welas Asih sejak tahun 2015.
“Cosplay ini sempat vakum selama 2 tahun yakni di tahun 2018 dan 2019,” tandasnya. (Kris)