Penyebab Banjirnya Jalan Cemerlang, Karena Tumpukan Sampah

0
128

KOTA SUKABUMI.- Rusaknya drainase (saluran air) yang menyebabkan banjir di ruas Jalan Cemerlang Warudoyong Kota Sukabumi, ditanggapi BPJ (Balai Pengelolaan Jalan) Wilayah II Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar (Jawa Barat).

Staf seksi pembangunan pengelolaan jalan dan jembatan, Abdul Muiz mengatakan, Penyebab rusaknya trotoar tersebut diakibatkan saluran air yang ada di bawah trotoar tersendat oleh tumpukan sampah.

“Banyak sampah di dalam saluran air, sehingga aliran air tersumbat, meluap dan menyebabkan banjir ke badan jalan,” katanya.

Meski demikian, pihaknya mengaku akan segera melakukan tinjauan langsung dilapangan sehingga penyebab secara pasti dari kerusakan drainase tersebut dapat diketahui secara real.

“Secepatnya akan kami tangani untuk segera diperbaiki, hanya saja kami perlu melihat terlebih dahulu kondisi kerusakan tersebut,” paparnya.

Terkait dengan pelaksanaan perbaikan tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan kantor pusat, pasalnya diperkirakan perbaikan tersebut menggunakan anggaran yang tidak sedikit.

“Untuk mengetahui ada atau tidaknya alokasi anggaran untuk perbaikan trotoar tersebut, kami akan berkoordinasi terlebih dahulu,” ungkap Abdul Muiz saat dihubungi selulernya Senin (25/3/19).

Sekedar informasi, sebelumnya di wilayah atau dijalan Cemerlang tersebut, telah dilakukan normalisasi yakni dengan cara mengangkut sampah yang memenuhi saluran air dalam trotoar.

“Persoalannya adalah bukan masalah rusak atau tidaknya trotoar tersebut, akan tetapi bagaimana peran aktif masyarakat akan sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (Eko Arief)


Komentar Anda?