Pentingnya Sinergitas Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi di Ciayumajakuning

0
165
KOTA CIREBON.- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (Kpw BI) Cirebon gelar Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2019 di salah satu Hotel dibilangan Jalan Kartini, Selasa (17/12/19).

Acara yang bertemakan “Bersinergi Untuk Memperkuat Ketahanan dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi” dihadiri perwakilan pemerintahan daerah se Wilayah Ciayumajakuning.
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon Fadil Nugroho mengungkapkan pentingnya sinergitas semua pihak untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat.
“Sinergi diperlukan untuk memperkuat ketahanan ekonomi menuju Indonesia yang lebih maju,” ungkap Fadil.
Menurutnya, di era ekonomi global yang ditandai dengan perang dagang membuat pertumbuhan ekonomi dunia turun drastis dan masih diperkirakan masih belum pulih di 2020 mendatang. Karenanya semangat sinergi dan kolaborasi diperlukan untuk menjaga kekuatan ekonomi di dalam negeri termasuk di wilayah Cirebon.
“Sekarang ini tidak bisa bekerja sendiri – sendiri harus dari berbagai pihak untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Ciayumajakuning,” ujarnya.
Saat ini, lanjut Fadil, pertumbuhan ekonomi di wilayah Ciayumajakuning 4,5 persen, ini sangat baik jika dibandingkan tahun sebelumnya hanya tumbuh 3 persen saja.
 
Yang paling mempengaruhi di Kota Cirebon yakni perdagangan, Kuningan Pertanian.
Secara total masih dipegang sektor perdagangan,” jelasnya.
Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Cirebon Drs. H. Nashrudin Azis mengajak kepada seluruh stakeholders terkait untuk menjadikan Kota Cirebon sebagai kota yang bersih, hijau dan tertib. Paket wisata terintegrasi di wilayah Ciayumajakuning juga terus didorong.
“Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh stakeholders untuk bersama-sama menjadi Kota Cirebon sebagai kota yang bersih, hijau dan tertib,” ujarnya.
Azis menjelaskan, pembangunan di Kota Cirebon ke depannya berorientasi untuk meningkatkan perekonomian melalui jalur wisata. Pariwisata bisa sukses dengan mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah jika kondisi Kota Cirebon bersih, hijau dan tertib.
Karenanya melalui pertemuan yang digagas Bank Indonesia (BI) hari ini, Azis berharap sinergi bersama di wilayah Ciayumajakuning bisa terjalin dengan baik.
“Semangat berkolaborasi, bersinergi bersama di antara wilayah di Ciayumajakuning,” tegas Azis. Sehingga bisa membangun dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Ciayumajakuning. (Kris)