Prosesi pelantikan Pengurus PCNU Kabupaten Cirebon Masa Khidmat 2022-2027. Kris

KAB CIREBON.- Pengurus PCNU Kabupaten Cirebon masa Khidmat 2022-2027 secara resmi dilantik, Sabtu (24/9/22).

Pelantikan yang mengusung tema ‘Merawat Tradisi Mengembangkan Potensi Menuju Cirebon Mandiri’ dilangsungkan di Paseban Makam Sunan Gunung Jati tersebut di pimpin Ketua PWNU Jawa Barat, KH Juhadi Muhammad.

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon KH. Aziz Hakim Syaerozi menuturkan, pelantikan hari ini mengusung pendekatan tradisi seni dan budaya yang biasa dilakukan oleh para raja-raja Keraton Jawa.

“ini semata-mata bukan tanpa nilai. Kita ingin mengejawantahkan bagaimana dengan pendekatan seni budaya yang biasa dilakukan oleh para raja Jawa,” tutur Aziz.

Aziz menjelaskan maksud tagline ‘Merawat Tradisi Mengembangkan Potensi Menuju Cirebon Mandiri’ yakni pihaknya ingin tradisi yang baik diaplikasikan di lingkungan pendidikan pesantren maupun di lingkungan masyarakat itu dikemas demikian rupa menjadi salah satu media untuk dakwah.

Kemudian lanjut Aziz, merencanakan untuk melakukan mapping potensi di semua lini. Karena ini meliputi juga banyak sektor dan tidak hanya keagamaan saja, tapi sektor-sektor yang lain hampir meliputi seluruh aspek kehidupan.

“Bicara soal ekonomi, kita punya lembaga perekonomian karena ruang lingkup kita ini sangat besar. Sehingga kita sebagai bagian ini bisa memberikan kontribusi terhadap pemerintahan khususnya dan masyarakat pada umumnya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon H. Imron berharap, PCNU Kabupaten Cirebon bisa bekerja sama dengan pemerintah. Karena NU sebagai Ormas besar menjadi salah satu pilar masyarakat.

“Karena pemerintah tidak bisa membangun Kabupaten Cirebon dengan sendirinya tanpa adanya kerja sama dari organisasi masyarakat khususnya Nahdlatul Ulama,” pungkasnya. (Kris)