Pengobatan Gratis Hingga Pembangunan Rumah di Program TMMD Pengabdian Untuk Negeri

0
171

BUNGO.- Usai Tinjau Posko TMMD Dan pembangunan jalan, Dandim 0416/II Bute melanjutkan kegiatan yakni memberikan bantuan kepada warga.

Begitu sampai di lokasi TMMD, Dandim diiringi semua rombongan langsung menyerahkan bantuan kepada warga setempat berupa bingkisan sembako dan bibit yang dimulai dari Bupati, Dandim, Kapolres, Ketua DPRD dan Sekda Bungo.

Serta peletakkan batu pertama Pembanguna rumah salah satu warga yang layak mendapatkan bantuan.

Kemudian dilanjutkan peninjauan tempat pelayanan kesehatan yang telah disiapkan untuk warga yang berobat secara gratis di sana.

Dandim 0416/Bute Letkol Inf Widi Rahman, SH., M. Si menyebutkan bahwa pemilihan lokasi TMMD ke-107 ini sudah melalui pertimbangan yang matang.

“Sebelumnya kita sudah mensurvey lokasi TMMD di Dusun Tanjung Agung, Kecamatan Muko-Muko Bathin VII, namun terkendala pembebasan lahan. Akhirnya di Kelurahan Sungai Binjai ini warga bersedia lahannya digunakan untuk dibangun jalan dan kegiatan TMMD yang lainnya,” ujar Dandim, Minggu (15/3/20).

Menurut Widi, hingga sekarang secara keseluruhan proses pembangunan atau pengerjaan program TMMD mencapai 10% dari waktu yang telah ditetapkan.

“Untuk jalan kita sudah bangun sepanjang 4 KM dari 7 KM, begitupun juga untuk program yang lainnya. Kita optimis program TMMD ke-107 Kodim 0416/Bute ini selesai dilaksanakan dengan waktu yang telah ditentukan,” kata Widi dengan senyuman.

Untuk diketahui, kegiatan TMMD Ke-107 tahun 2020 kali ini mengambil tema, “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”, akan dilaksanakan secara serentak selama 30 hari, dimulai tanggal 16 Maret s.d 14 April 2020.

Untuk wilayah Kodim 0416/II Bute TMMD
dengan sasaran fisik berupa pembuatan Badan Jalan yang
menghubungkan Desa Sungai Binjai dan Desa Air gemuruh sepanjang 7.000 Meter, Pengerasan jalan sepanjang 4,7 km lebar 5 Meter Tebal 20 Cm, Pembuatan Gorong Gorong 13 titik, pembuatan Box 2 buah, Pembuatan lapangan
Volly ball, Rehab Mushola Khairunisa Kelurahan Sungai Binjai.

Sedangkan sasaran non fisik yang diarahkan untuk mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat
Desa, antara lain meliputi penyuluhan kesadaran bela Negara, kesadaran
hukum, penyuluhan pertanian, peternakan, kesehatan dan KB, pengobatan gratis, penyuluhan bahaya
narkoba, dan berbagai kegiatan non fisik lainnya.

“Kami berterima kasih di dalam rangkaian kegiatan TMMD ini banyak sekali kegiatan selain pembukaan jalan baru sepanjang 7,2 km ada kegiatan kegiatan bakti sosial, pembangunan rumah bagi masyarakat, kemudian pengobatan gratis, pembagian sembako, pelayanan KB dan beberapa penyuluhan penyuluhan bagi masyarakat,” jelas Bupati. (Rena)