Pengembangan Seni dan Budaya, Dongkrak Kunjungan Pariwisata di Kota Cirebon

0
117

KOTA CIREBON.- Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendukung berbagai perguruan tinggi untuk melakukan pameran karya seni. Setelah ITB, saat ini Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar kegiatan Pameran Kompetensi.

Demikian diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati usai membuka Pameran Kompetensi Karya Terbaik Mahasiswa FSRD di Galeri Seni Budaya Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Sabtu (19/10) malam.

Eti menambahkan ajang para perguruan tinggi tersebut menunjukkan Cirebon menjadi kota pengembangan seni dan budaya.

“Tentu ini menjadi peluang bagi Kota Cirebon untuk menunjukkan eksistensinya mengembangkan seni dan budaya untuk mendukung pariwisata. Kehadiran pameran ISI Surakarta diharapkan memberikan semangat sehingga kita mengembangkan seni dan budaya,” ungkap Eti.

Eti menambahkan Pemkot Cirebon juga sudah memiliki komitmen untuk mengembangkan kampung wisata tahun 2020 mendatang. Kehadirannya tentu diharapkan akan meningkatkan kunjungan pariwisata.

“Yang tidak kalah menggembirakan, DKOKP ternyata sudah memiliki gedung pagelaran seni dan budaya yang representatif. Diharapkan tentunya akan menambah maju pariwisata Kota Cirebon dengan pagelaran yang akan dilaksanakan di sini,” kata Eti.

Dekan FSRD ISI Surakarta, Joko Budiwiyanto mengatakan Pameran bertajuk “MILANGKORI” ini akan mengambil fomat kegiatan berupa Pameran Seni Visual dengan menampilkan karya-karya nominator Kompetisi Karya Terbaik Mahasiswa FSRD ISI Surakarta. Sebelumnya telah di seleksi dan dipilih dengan penjurian, sesuai dengan konsep kuratorial yang telah ditetapkan.

“Karya yang akan dipamerkan nanti meliputi karya 2 dimensi, 3 dimensi, instalasi, desain prototype, fotografi, video, dan ragam karya lainnya, yang dipilih mewakili 8 (delapan) program studi yang ada di FSRD ISI Surakarta,” ujar Joko.

Selain pameran seni visual, tambah Joko, event ini juga untuk menandai pembukaan dan peresmian galeri yang baru saja selesai dibangun. Kegiatan akan diisi FGD (Focus Group Discussion), artist talk, workshop, dan diskusi, pemutaran film, dan penyerahan penghargaan PRABANGKARA AWARDS kepada para pemenang Kompetisi Karya Mahasiswa FSRD ISI Surakarta. (Kris/Rls)


Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here