BerandaDaerahJawa BaratPengangkutan Sampah Selesai, DLH Akan Tegakkan Perda

Pengangkutan Sampah Selesai, DLH Akan Tegakkan Perda

KOTA CIREBON.- Pengangkutan sampah di enam Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) sudah selesai dilakukan. Upaya selanjutnya yaitu penegakan peraturan daerah (perda) karena TPSS peruntukkannya hanya untuk sampah rumah tangga.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Drs. H.RM Abdullah Syukur, M.Si, menjelaskan jika penanganan dan pengangkutan sampah di 6 TPSS yang volumenya meluber sudah selesai dilakukan. “enam TPSS tersebut sekarang sudah clear,” kata Syukur.

Syukur pun mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Cirebon Kota dan Dandim 0614 Kota Cirebon bersama jajarannya yang merasa terpanggil untuk bersama-sama membersihkan dan mengangkut sampah yang menggunung di sejumlah TPSS.

Syukur kembali menegaskan jika TPSS peruntukkannya hanya untuk sampah rumah tangga. Namun di sejumlah TPSS, khususnya yang terletak di ruas jalan protokol, banyak ditemukan sampah-sampah yang bukan berasal dari rumah tangga. Selama ini,DLH Kota Cirebon telah melibatkan masyarakat sekitar untuk melakukan pengawasan di sejumlah TPSS. “Tapi mereka tidak berani menegur. Karena terkadang ada yang ngajak gulet kalau dilarang buang sampah di TPSS,” ungkap Syukur.

Karena itu ke depannya, lanjut Syukur, mereka akan melakukan operasi yustisi. Terlebih saat ini Kota Cirebon sudah memiliki perda mengenai sampah. “Tinggal menunggu perwalinya saja,” ungkap Syukur. Jika perwali sudah ada, maka secara rutin mereka akan mendatangi setiap TPSS dan melakukan penegakan perda jika ditemukan ada orang-orang yang membuang sampah tidak sesuai peruntukkannya.

Selain itu, untuk menghindari pembuangan sampah tidak pada tempatnya, direncanakan 3 TPSS yang terletak di ruas jalan protokol Kota Cirebon akan ditutup. Yaitu TPSS di Jalan Kesambi, Jalan Wahidin dan Jalan Ciptomangunkusumo. Sebagai gantinya DLH Kota Cirebon akan menyiapkan TPS mobile, yaitu berupa truk pengangkut sampah yang akan datang langsung ke tiap-tiap RW. “Jika anggarannya telah disetujui kami akan akan bergerak,” ungkap Syukur.

Pada kesempatan yang sama, Syukur juga meminta maaf kepada warga Kota Cirebon yang telah terganggu dengan menumpuknya sampah di beberapa TPSS. Syukur pun mengajak kepada masyarakat untuk membuang sampah sesuai dengan peruntukkannya. (Kris)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments