Pengamat: UMKM Memegang Peranan Penting Mengangkat Perekonomian Bangsa

0
311

Jakarta.- Memulai sebuah bisnis tidak selalu harus memiliki modal. Ini seperti disampaikan pengamat ekonomi bisnis Ronny Runtukahu. Dalam keterangan daring, ia mengatakan, “Banyak orang beranggapan kalau memulai bisnis harus lebih dulu memiliki modal, padahal yang benar adalah modal akan mengikuti peluang usaha yang kita temukan,” ucapnya, di Balikpapan, Rabu (1/7/2020).

Jadi, prinsip utama yang wajib dimiliki oleh pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah kemampuan melihat peluang usaha, keberanian untuk mewujudkan peluang yang dilihatnya.

Pria pemilik beberapa perusahaan itu menerangkan, “mencari sumber permodalan bisa dilakukan baik melalui kerja sama maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digalakkan oleh pemerintah saat ini. Setelah permodalan didapat, syarat yang tidak kalah pentingnya adalah keuletan dan ketekunan dalam merintis usaha tersebut, karena tidak mungkin hasil bisa langsung dirasakan dalam waktu yang cepat,” ujar Ronny.

Ronny juga mendorong para calon wirausahawan baru agar tidak menggunakan modal maupun hasil yang diperoleh untuk pola hidup konsumtif. Begitu pula, dalam bisnis wirausahawan wajib jujur akan produknya, dan maksimal menggunakan sarana yang ada, baik melalui medsos atau platform digital dalam memasarkan produk yang dijual,” ungkapnya.

Dirinya menyebut, kita perlu membangun koneksi dengan siapa pun agar produk yang kita jual dapat diketahui oleh lebih banyak orang. Di tengah pandemi seperti ini dan kemajuan teknologi yang makin pesat, seharusnya UMKM memegang peranan yang penting untuk mengangkat perekonomian bangsa.

Pimpinan Making Life Better Community itu mengajak masyarakat melihat peluang usaha dalam situasi pasca pandemi Covid-19. Ia yakin ada banyak peluang yang bisa dilihat dan dijajaki oleh para calon wirausahawan baru. Prinsipnya, kata Ronny, sebuah bisnis perlu dimulai dengan melihat peluang yang ada. “Selain itu, kita bisa mulai dengan jenis usaha yang sesuai dengan bakat dan minat. Intinya mulailah bisnis dari apa yang kita senangi. Mungkin itu kuliner, pendidikan, laundry dan lainnya. Kembangkan kreativitas kita, lalu fokus pada apa yang kita kerjakan,” terangnya.

Dengan banyaknya UMKM yang tumbuh sehat akan menggerakkan laju ekonomi masyarakat, yang pada akhirnya akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional. “Bangsa kita punya kemampuan dan potensi yang besar dalam berwirausaha. Pangsa pasar dalam negeri juga luar biasa besarnya. Jadi, kita wajib memanfaatkan peluang ini. Saya yakin kita bisa mencapai visi Indonesia unggul melalui kebangkitan ekonomi nasional yang bertumpu pada derap langkah maju UMKM,” pungkas Ronny. (El)