Penerapan 5M Sebagai Solusi Sehat di Masa Pandemi COVID-19

0
110
TIM Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kab. Demak saat lakukan eduksi di Pasar Bintoro Kota Demak. (Foto dok. Pendim0716)

DEMAK – Jajaran Kodim 0716/Demak selaku TIM Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Demak terus memberikan edukasi 5M kepada masyarakat, guna memutus mata rantai penyebaran pandemi Virus Corona dengan menerapkan protokol kesehatan (protkes) pandemi COVID-19.

“Kami telah memerintahkan seluruh Babinsa yang ada di jajaran Kodim 0716/Demak untuk terus mensosialisasikan 5M kepada masyarakat yaitu, mengunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak diatas satu meter ketika berkomunikasi, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilisasi, dan yang paling utama mari kita berdoa agar supaya virus ini segera berlalu,” ucap Dandim, kepada awak media, Demak, Jawa Tengah, Senin (15/02/2021).

“Bersama dengan Polres Demak dan Satpol PP, kami terus melakukan edukasi protkes kepada para pedagang dan pengunjung dipasar Bintoro Demak,” ungkapnya.

Di masa sekarang, virus sudah menyebar dengan sangat cepat dan hal itu tidak hanya terjadi di Kabupaten Demak. Untuk itu diperlukan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Jika masyarakat disipilin dalam menerapkan 5 M ini, maka penyebaran COVID-19 di Kabupaten Demak tidak akan terus meningkat,” tegasnya.

Gerakan 5M diharapkan dapat menjadi gerakan masal dan masif bagi pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi pandemi COVID-19 saat ini.

Memutus mata rantai Virus Corona bukan hanya kerja seseorang atau sekelompok orang, namun hal ini menjadi tanggung jawab bersama dan harus dilakukan bersama dengan disiplin.

“Mari kita saling mendukung, saling menopang, bukan sebaliknya, supaya dengan kekuatan bersama, kita dapat menekan penyebarabn virus berbahaya ini,” jelasnya. (er)