Pemkot Cirebon Putuskan Sholat Jum’at Ditiadakan

0
147

KOTA CIREBON.- Pemerintah Daerah Kota Cirebon memutuskan untuk meniadakan sementara waktu pelaksanaan Sholat Jum’at di Masjid Raya At-Taqwa dan masjid-masjid yang ada di Kota Cirebon.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Cirebon Drs. Nashrudin Aziz, SH saat jumpa pers di Masjid Raya At – Taqwa, Jl. RA Kartini, Kamis (2/4/20).

Menurutnya hal tersebut sesuai arahan Pemerintah Pusat yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB yang diterbitkan pada 31 Maret 2020 lalu.

“Mulai Jum’at 03 April 2020 hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Sholat Jum’at diganti dengan sholat dzuhur di rumah masing-masing,” ujar Aziz.

Ia meminta kepada masyarakat Kota Cirebon untuk memaklumi adanya aturan tersebut karena kondisi saat ini seluruh elemen bangsa sedang berjuang untuk menekan penularan virus Covid 19 yang terus memakan korban jiwa di berbagai negara.

“Kami mengajak masyarakat untuk ikut anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dan medoakan agar Covid 19 segera hilang dari bumi Indonesia,” pintanya.

Sementara itu, Ketua At-Taqwa Centre Kota Cirebon Ahmad Yani meminta kepada Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis membuat surat edaran untuk disampaikan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Cirebon.

“Surat ini akan menjadi pegangan DKM SE Kota Cirebon,” ujarnya.

Karena, informasi meniadakan shalat Jum’at bisa saja tidak sampai kepada 430 masjid di Kota Cirebon. Sekalipun sudah disampaikan melalui media massa maupun media sosial.

“Karena dalam semalam bisa saja tidak sampai. Jadi, bilamana ada masjid yang masih menggelar Salat Jumat agar dapat dimaklumi,” tandasnya. (Kris)