Pemkot Cirebon Dorong Industri Digital Untuk Kemajuan Wilayah

0
200

KOTA CIREBON.- Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendorong industri digital tumbuh untuk kemajuan wilayah dengan berbagai terobosan program. Era digital harus dihadapi positif sebagai perkembangan jaman yang terus meningkat.

Demikian diungkapkan Wakil Walikota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati saat menghadiri Seminar Nasional Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 dan Rapat Kerja Nasional ( RAKERNAS) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) 2019 di Aula sekolah Pelita Bangsa, Sabtu (23/2).

Eti mengatakan Pemerintah Daerah Kota Cirebon juga sudah meluncurkan berbagai program digital antara lain wisata Kota Cirebon (Wistakon), E-Presensi E-Wasiat (Wayahe Sadar Akherat) hingga aplikasi yang memuat tentang informasi kegiatan Pemkot Cirebon.

“Dalam upaya memanfaatkan teknologi terkini Pemerintah Daerah Kota Cirebon membuat beberapa aplikasi berbasis kearifan lokal. Berbagai inovasi terus dikembangkan Cirebon dalam memasuki era digital,” ungkap Eti.

Eti menambahkan pihaknya akan terus menyosialisasikan berbagai terobosan tersebut agar dipergunakan terutama ke generasi milenial. Generasi milenial menjadi harapan bangsa sehingga terobosan tersebut harus dipahami dan dipergunakan mereka.

“Kami tentu ingin membangun anak-anak muda lebih mengenal industri digital,” ujar Eti.

Hal lain, Eti menyoroti Perguruan Tinggi (PT) harus senantiasa mengedepankan kualitas berkelanjutan serta menghasilkan tantangan global yang memiliki keahlian teknis mampu bersaing di era revolusi generasi 4 atau (Four point O). Kehadiran Seminar Nasional IAPS 4.0 dan Rakernas APTIKOM diharapkan juga menjadi jalan sehingga kemajuan PT di Kota Cirebon semakin meningkat.

“Karena kolaborasi untuk kemajuan bangsa dan memanfaatkan teknologi harus dilakukan sehingga mengembangkan iklim akademik dan keilmuan yang bagus,” ujar Eti.

Dalam kegiatan seminar tersebut diikuti 150 peserta dari berbagai daerah se Indonesia. Workshop menghadirkan tiga pembicara akreditasi program studi 4.0 yakni Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan,Msc.,phD, Prof Dr. Rer. Nat Achmad benny mutiara Q N , S.Kom dan Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc.,Ph.d.,IPU.
Ketua penyelenggara seminar, Chandra Lukita mengatakan kehadiran para tenaga ahli di bidang IT di Kota Cirebon tentu harus dimanfaatkan semua pihak. Kegiatan ini juga memperkenalkan wisata Kota Cirebon yang sangat menarik.

“Tentu kehadiran para professor dan ahli di bidang IT sangat membanggakan Kota Cirebon,” kata Chandra.

Sedangkan Ketua APTIKOM Pusat, Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, Msc., phD, mengatakan APTIKOM merupakan paguyuban perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi terkait dengan rumpun ilmu informatika dan komputer.

“Revolusi industri 4.0 ini sebenarnya bisa kita sikapi dengan positif dengan menggunakan momentum ini suatu momen melakukan percepatan di bidang IT. Kami melihat Pemerintah Kota Cirebon sudah mengembangkan berbagai program digital yang tidak meninggalkan kearifan lokal,” pungkasnya (Kris)


Komentar Anda?