JAMBI,BUNGO-Pemerintah Desa sungai buluh Kecamatan Rimbo tengah Kabupaten Bungo mengadakan pelatihan peningkataan kesiagaan anggota Linmas dalam penanggulangan bencana dan keamanan lingkungan jum,at (14/10/2022). Acara yang dilaksanakan di Balai Desa itu dihadiri Datuk rio sungai buluh beserta perangkat, narasumber alfajri dari dinas BPBD kabupaten bungo, Bhabinkamtibmas dan angota Linmas se Desa sungai buluh.

Alpajri mengatakan, peran Linmas pada saat terjadi bencana menjadi unsur yang terpenting sebagai perwakilan pemerintah di tingkat desa dan kelurahan untuk membantu proses evakuasi dan penanganan bencana sampai adanya tindakan atau bantuan dari pihak yang terkait.

Oleh karena itu dalam rangka mengembangkan kemampuan dan meningkatkan ketrampilan anggota Linmas agar terwujud penanganan bencana yang cepat dan tanggap dibutuhkan adanya kepedulian dan kemampuan dalam melakukan tindakan secara cepat dan efektif dalam situasi tanggap darurat bencana.

Rio sungai buluh menambahkan, pentingnya kesiapsiagaan yang solid bilamana sewaktu-waktu terjadi bencana di wilayah, diharapkan Linmas mempunyai bekal baik pengetahuan, ketrampilan, kemampuan, penyiapan sarana prasarana, koordinasi sesama aparat dan memberikan pengarahan terhadap masyarakat.

(Rena)