Pemda Kota Cirebon Raih Penghargaan Dari Kemenkeu

0
297

KOTA CIREBON.- Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan atas penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dan peraihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2017. Penghargaan diterima pada Rabu, 31 Oktober 2018.

 

Penjabat Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik M. Si mengatakan Pemda Kota Cirebon berkomitmen melakukan pelaporan keuangan yang transparan dan akuntabel.

“Peraihan opini WTP untuk LKPP 2018 merupakan keberhasilan seluruh stkeholders di Kota Cirebon,” katanya.

Dedi mengungkapkan dampak peraihan opini WTP untuk LKPP 2017 adalah memberikan motivasi untuk semakin menumbuhkan kepercayaan publik atas penyelenggaraan sistem pengelolaan laporan keuangan Pemda Kota Cirebon.

“LKPD 2017 telah dilaporkan Pemda Kota Cirebon secara wajar oleh SKPD dalam mengelola keuangan sesuai standar akuntansi pemerintah,” ujarnya.

Sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, Hj. Eriza SE, M. Si mengungkapkan penghargaan yang diberikan Kementerian Keuangan kepada Pemda Kota Cirebon karena berhasil meraih opini WTP sebanyak dua kali berturut-turut dari 2016-2017.

Dia menuturkan penghargaan dari Kementerian Keuangan berhasil diraih karena dalam pelaporan LKPD 2017 berhasil membuat dan menyusun laporan sehingga meraih opini WTP, serta informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dapat terpenuhi. Selain itu, laporan keuangan sesuai standar akuntansi pemerintah dan kepatuhan terhadap perundangan dalam laporan keuangan.

“Pengawasan internal [Inspektorat] juga dinilai efektif, maka kami targetkan bisa meraih WTP untuk kali ketiga,” ujarnya. (Kris)