Pembukaan Kursus Intensif Bahasa Indonesia (KIBINA) Tingkat Dasar ke-21 dan KIBINA Hidros Oceanografi TA. 2021

0
128

Inapost.com Jakarta – Kapusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A. selaku Inspektur Upacara pada Pembukaan (KIBINA) Tingkat Dasar ke-21 dan KIBINA Hidros Oceanografi TA. 2021 telah membuka secara resmi pelaksanaan Kursus tersebut pada pukul 09.00 WIB di Ruang Lobby Gedung Nastaf Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan, Selasa, (9 Maret 2021)

Kursus tersebut diikuti oleh beberapa siswa manca negara dari negara-negara sahabat.

Dalam amanatnya Kapusdiklat Bahasa menegaskan bahwa kerja sama militer yang terjalin antara Indonesia dengan negara-negara sahabat merupakan bagian dari sinergi kerja sama pertahanan antarnegara yang dibangun atas dasar semangat kebersamaan dan saling percaya serta kebutuhan bangsa dalam menghadapi dinamika dan tantangan yang semakin berat dan kompleks. Di dalam bidang pendidikan Bahasa, kegiatan kerja sama tersebut dari tahun ke tahun terus meningkat, dan salah satunya adalah Kursus Intensif Bahasa Indonesia Tingkat Dasar.

Tujuan utama dari pendidikan ini adalah untuk membekali siswa negara sahabat dengan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia tingkat dasar, pengetahuan tentang keberagaman budaya dan adat-istiadat bangsa Indonesia, serta nilai-nilai dan organisasi di lingkungan Kementerian Pertahanan dan TNI, tegas Brigjen TNI Yudhy Chandra Jaya, M.A.

Sebelum mengakhiri sambutan, Kapusdiklat Bahasa mengingatkan bahwa Pandemi Covid-19 saat ini masih cenderung meningkat, sehingga Beliau menekankan kepada para siswa untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan agar dapat memutus rantai penyebaran Covid 19 dengan cara:

– Tetap menggunakan masker dalam segala aktifitas
– Tetap menjaga jarak aman antar personel (physical distancing)
– Cuci tangan dengan menggunakan sabun atau menggunakan hand sanitizer pada saat akan dan telah melakukan aktifitas
– Tidak ke luar ksatrian kecuali dalam keadaan sangat mendesak (social distancing)
– Segera menuju ke fasilitas layanan Kesehatan jika merasa kurang sehat.

Pembukaan Kursus ini juga dihadiri oleh para tamu undangan, para Kabid, Ka Koor WI, Ka Koor Siswa serta WI Madya Pusdiklat Bahasa.(M)