Prosesi pengukuhan Paskibraka Kota Cirebon Tahun 2022. Kris

KOTA CIREBON.- Anggota Pasukan Pengibar Bendera pusaka (Paskibraka) Kota Cirebon Tahun 2022 resmi dikukuhkan, di lobby gedung Setda Kota Cirebon, Senin (15/8/22).

Wali Kota Cirebon, Drs. H Nashrudin Azis melalui Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengungkapkan, anggota Paskibraka diminta dapat bertugas dengan sebaik-baiknya pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 77. Mereka juga didorong untuk menggapai cita-cita yang diinginkan.

“Laksanakan tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya,” pintanya.

Agus yakin dengan berbuat yang terbaik pada peringatan Hari Kemerdekaan RI yang akan digelar dua hari ke depan akan menjadi sebuah pengalaman yang indah. Bahkan pengalaman tersebut akan menjadi bagian penting dalam perjalanan kehidupan anak bangsa yang tergabung dalam Paskibraka Kota Cirebon.

Pada kesempatan itu Agus juga mendorong agar anggota Paskibraka terus berjuang menggapai cita-cita yang diinginkan. “Saya yakin kalian semua memiliki cita-cita. Saya tidak tahu apa cita-cita di hati kalian, tapi saya yakin anak-anakku semua ingin menggapai cita-cita yang terbaik,” tutur Agus.

Untuk itu Agus meminta agar pelatihan dan penggemblengan yang dilakukan selama beberapa minggu untuk menjalankan tugas sebagai pasukan pengibar bendera dapat dijadikan sebuah proses.

“Yaitu sebuah proses untuk mencapai cita-cita  kalian semua,” tutur Agus.

Selain itu Agus juga berpesan agar anggota Paskibraka yang baru dikukuhkan untuk senantiasa merajut kasih sayang, persaudaraan, persahabatan dan kerukunan diantara sesama anak bangsa.

“Sehingga dapat mewujudkan kemajuan bagi bangsa Indonesia,” harap Agus.

Paskibraka Kota Cirebon Tahun 2022.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cirebon, Sutikno, melalui Kepala Bidang Kepemudaan, Abdul Soleh mengungkapkan, anggota Paskibraka berjumlah ada 32 orang, terdiri 16 perempuan dan 16 laki-laki yang sebelumnya sudah mengikuti pelatihan dasar dimulai tanggal 2 sampai 8 Agustus 2022.

“Untuk memaksimalkan keserasian dan kekompakan, mereka digembleng kembali dalam gladi central pada tanggal 8 sampai 16 Agustus 2022 dengan instruktur dari tim TNI-Polri dan dibantu Purna Paskibraka Indonesia,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Cirebon melalui Bidang Kepemudaan melaksanakan kegiatan seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022 tingkat Kota Cirebon, Senin (14/3/22).

seleksi Paskibra ini diikuti sebanyak 215 siswa – siswi dari SMA/SMK/MA sederajat yang ada di Kota Cirebon. Adapun dalam penilaian pihaknya menggandeng TNI-POLRI, Dinkes, Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

(Kris)