Pantura Jazz Festival Potensi Wisata Kota Udang

0
418

KOTA CIREBON.- Kembangkan potensi destinasi wisata, Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) gelar beberapa event untuk menarik wisatawan ke Kota Cirebon.

Kali ini event Pantura Jazz Festival hadir menyuguhkan perpaduan antara musik Jazz dengan lagu Pantura yang digelar di Taman Budaya Goa Sunyaragi, Sabtu (22/12/19) malam.

Pantura Jazz Festival ditonton ribuan masyarakat memadati obyek wisata kebanggaan masyarakat Kota Cirebon. Dengan tampilan beberapa penyanyi andalan Kota Cirebon membuat masyarakat larut dalam musik Jazz Pantura.

Wakil Wali Kota Cirebon Drs. Hj. Eti Herawati menyampaikan, Musik Pantura atau Cirebonan memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan kancah nasional. Dewasa ini musik Pantura sudah banyak diminati masyarakat Indonesia sehingga pengembangannya tidaklah sulit.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya pagelaran Jazz Pantura tentu terobosan semakin memperkenalkan musik Cirebonan ke masyarakat nasional.

“(Musik Pantura red.) Aset yang luar biasa milik masyarakat Pesisir. Saat ini banyak yang sudah mengenal bahkan menyukai musik Pantura,” ujar Eti usai event berlangsung.

Eti menambahkan agenda Festival Jazz Pantura ini sangat kreatif dan inovatif dalam memperkenalkan musik Cirebonan. Musik juga ditata apik sehingga banyak diminati semua kalangan termasuk generasi muda.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga terselenggaranya Festival Jazz Pantura. Harapan kami kegiatan akan dilaksanakan lebih semarak dan kreatif pada tahun mendatang,” kata Eti.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Keraton Kasepuhan, Ratu Alexandria mengatakan pihaknya mengapresiasi Pemerintah Daerah Kota Cirebon yang terus mengembangkan potensi pariwisata. Pelaksanaan Festival Jazz Pantura merupakan terobosan untuk tetap menumbuh kembangkan kesenian secara berkesinambungan.

“Kegiatan ini langkah positif agar seni budaya Cirebon akan digelar secara berkesinambungan sehingga para seniman akan terus berkarya. Tentu hal ini berdampak wisatawan akan merasa betah dan ingin berlama-lama di Kota Cirebon,” ujar Ratu Alexandria.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Kepariwisataan (DKOKP), Agus Suherman mengatakan Festival Jazz Pantura menjadi agenda pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Pihaknya terus melakukan langkah sehingga target kunjungan segera dipenuhi.

“Berbagai langkah terus dilakukan untuk memenuhi target tersebut. Diantaranya Pengembangan destinasi wisata, pembinaan kampung dan komunitas wisata. Selain itu dilakukan promosi wisata dan penyusunan kalender wisata,” ujar Agus.

Agus menambahkan musik Pantura yang sudah banyak dikenal masyarakat dikolaborasikan dengan Jazz sehingga sangat apik. Kolaborasi ini menghasilkan musik yang harmonis dan atraktif.

“Diharapkan kehadiran kegiatan ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon,” pungkasnya. (Kris)